Sunday 16 September 2012

TERNYATA OLAHRAGA PAGI DAPAT MENGURANGI NAFSU MAKAN


Salah satu cara untuk mengurangi nafsu makan adalah dengan melakukan olahraga di pagi hari, menurut sebuah penelitian terbaru.

Para peneliti dari Brigham Young University (BYU), menggunakan elektroda untuk mengukur kerja otak pada 35 perempuan saat mereka melihat gambar makanan, pada dua hari yang berbeda.

Pada hari pertama 35 perempuan ini melakukan olahraga di pagi hari, dengan durasi waktu 45 menit. Sementara pada hari kedua, mereka tidak melakukan olahraga.

Para peneliti menemukan bahwa setelah berolahraga, perhatian para responden terhadap makanan mengalami penurunan. Sepanjang hari itu, para responden yang bekerja juga mengalami peningkatan aktivitas fisik. Hal ini terkait dengan indeks massa tubuh, karena separuh dari responden mengalami obesitas.

Para ilmuwan mengatakan bahwa responden yang berolahraga di pagi hari juga tidak menambah porsi makan mereka, untuk mengganti jumlah kalori yang terbuang. Porsi makan mereka berjumlah sama dengan pada saat mereka tidak berolahraga.

Namun para ilmuwan mengatakan bahwa mereka masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, untuk memastikan efek jangka panjang dari rutin berolahraga pagi, pada nafsu makan seseorang. Studi ini, sebagaimana dilansir dari Livescience, akan diterbitkan pada jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, edisi Oktober.

No comments:

Post a Comment