Thursday 27 September 2012

MANUEL VALLS RESMIKAN MASJID STASBOURG (MASJID TERBESAR DI PRANCIS)



Metrotvnews.com, Strasbourg: Menteri Dalam Negeri Prancis, Manuel Valls, meresmikan Masjid Agung di Strasbourg, Kamis (27/9). Masjid baru itu tercatat sebagai masjid terbesar di Prancis untuk saat ini.

Pada kesempatan itu, Manuel Valls mengatakan siap mengusir setiap orang asing yang mengancam keamanan atas nama Islam, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dia mengatakan Prancis tidak akan berkompromi terhadap mereka yang mengaku mengikuti Islam namun tidak menghormati tradisi sekuler negara itu.

"(Prancis) memegang teguh pendirian dan saya tidak akan ragu-ragu mengusir mereka yang mengaku menganut Islam dan menjadi ancaman serius bagi ketertiban umum. Sebagai orang asing di negara kita tidak menghormati undang-undang dan nilai-nilai kami," tegas Valls.

"Para khatib yang menyebarkan kebencian, mereka yang mendukung penggelapan fakta dan kalangan fundamentalis tidak mempunyai tempat di Prancis," tambahnya.

"Rasisme, fundamentalisme, bukan bagian dari Islam," kata Menteri Dalam Negeri Prancis.
Pernyataan Mendagri Manuel Valls disampaikan ketika ketegangan masih terasa terkait penerbitan kartun Nabi Muhammad oleh majalah satir Prancis, pekan lalu.

Kartun itu diterbitkan seiring gelombang protes di berbagai negara menentang film 'Innocence of Muslims' yang dibuat di Amerika Serikat dan dianggap menghina Nabi Muhammad.

Prancis sempat menutup kedutaan, sekolah, dan pusat kebudayaannya di 20 negara sebagai antisipasi menghadapi demonstrasi menentang kartun nabi. 

No comments:

Post a Comment