Saturday 29 September 2012

Mengatasi Bau Vagina Tak Sedap

roti vagina

Sesuatu yang meresahkan kalangan wanita yaitu cairan vagina yang tidak sedap, masalah ini banyak sekali dikeluhkan wanita terutama bagi kalangan remaja putri yang menjadikan mereka gelisah sedih, kurang pede dan lain-lain. Raja jempol mencoba memberikan solusi agar cairan vagina tidak bau amat.

Cairan vagina dibeberapa kasus merupakan hal normal namun juga bisa disebabkan faktor penyakit karena pola hidup yang kurang bersih dan sehat.



Ada dua macam cairan yaitu cairan normal dan cairan tidak normal :

1. Cairan normal, cairan ini akan keluar pada kondisi seperti, sebelum menstruasi dipicu oleh darah yang tertahan pada masa ini dan terkadang terjadi setelah menstruasi, ditengah menstruasi pada sa’at keluarnya sel telur dari ovarium, ketika hamil dan ketika hubungan seksual. Cairan yang keluar pada kondisi ini adalah normal dan tidak perlu resah.

2. Cairan tidak normal. Cairan ini akan menimbulkan rasa sakit dan bau tidak sedap, yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi pada organ reproduksi. Bila kering cairan ini akan membuat rasa gatal pada vagina. Warna cairan seperti bernanah, berdarah, berwarna pekat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Sumber cairan vagina berasal dari tiga organ yaitu : organ luar reproduksi, saluran vagina, leher rahim.

Seba-sebab cairan vagina berbau tidak sedap:

a. Radang pada organ luar reproduksi, seperti radang pada labia mayora dan labia minora atau kelenjar bartholin atau kelenjar lainnya yang terdapat pada mulut vagina, bibir kemaluan, radang kulit atau jamur lainnya seperti tinea, eksim dll

b. Radang leher rahim,seperti radang leher rahim bernanah, gonorheo atau tumor leher rahim dan lain-lain

c. Radang vagina, radang yang disebabkan wanita kurang menjaga kebersihan, sehingga berbagai jamur dan bakteri berkembang yang menyebabkan peradangan vagina sehingga cairanpun baunya tidak sedap.

d. Vagina tertular jamur, jamur ini muncul pada kalangan yang mengidap diabetes melitus, akibatnya akan muncul cairan putih kental dan terasa gatal yang dipicu oleh jamur monilia.

e. Tertular parasit tricomonas ketika melakukan hubungan seks dengan laki-laki yang terjangkit parasit ini, cairan yang dihasilkan berbentuk busa kuning kehijauan baunya tidak sedap.



Kiat mengatasi dan penyembuhan bau cairan vagina tidak sedap:

Memperhatikan pola hidup kebersihan diri dan hati-hati dalam bergaul serta hindari berhubungan seks dengan pria yang berpenyakit kelamin akibat sering “jajan” apabila terserang segera konsultasi kepada dokter untuk menentukkan cara pengobatan sesuai kondisi dan penyebabnya. Bila tidak segera diobati maka rasa gatal akibat bau cairan tidak sedap tersebut akan terus berlanjut.



No comments:

Post a Comment