- 22 persen mobil memiliki oli mesin yang kurang atau kotor (makanya mesti dicek sesekali dipstik-nya, atau di-flush engine waktu ganti oli mesin)
- 20 persen tidak memiliki sistem pendingin yang cukup (rajin-rajin diperiksa air/coolant radiatornya gan..! jangan sampe kosong di reservoir)
- 19 persen filter udaranya kotor (untuk ini sebenarnya banyak pilihan, bisa yang mahal bisa juga yang murah.. kalo murah biasanya merk Sakura; kalo yang mahalan bisa pakai Filter K&N atau Ferrox)
- 18 persen oli rem-nya kurang atau sudah kurang (ya, kalau yang ini sih nggak ada cara lain selain rajin-rajin buka kap mesin sambil liat semua garis batas oli2.. jangan sampai berada di bawah level minimum).
- 14 persen membutuhkan belt/tali karet baru (nah.. ini memang sering kelupaan.. ciri2nya biasanya kalau mobil sering bunyi bercicit.. mungkin belt-nya udah getas tuh.. cara pertolongan pertamanya sih bisa dengan disemprot Proxima Silicone.. biasanya di fan belt, kalau v-belt atau timing belt sebaiknya segera diganti setiap 50-60 rb km).
powered by : grosirnanoenergizer.blogspot.com
No comments:
Post a Comment