Tuesday, 14 May 2013

Perawatan Umum Sepeda Motor- Seri #2

Lanjutin topik minggu ini ya.. sekarang seri ke #2 dari Perawatan Umum Sepeda Motor

Oli
Tips:
  1. Periksa ketinggian oli pada saat mesin dingin sebelum berangkat, terutama kalau sudah mendekati jadwalnya diganti.
  2. Biasakan ganti oli secara teratur sesuai jadwal atau jarak tempuhnya.
  3. Gunakan oli yang spesifikasi kekentalannya sesuai dengan buku panduan, atau sesuai dengan saran bengkel resmi yang ada di kota anda. Biasanya, di kota yang dingin akan berbeda dengan kota yang panas walaupun kendaraannya sama.
  4. Umumnya oli cepat rusak apabila kendaraan digunakan di daerah yang debunya banyak, dan filter udara jarang dibersihkan. Ganti oli lebih cepat di daerah yang banyak debu.
  5. Ganti oli setiap 2000-4000 km atau tiap 3-6 bulan (umumnya diganti setelah 2.500 km).
  6. Ganti filter oli filter setelah dua kali mengganti oli. Kalau ganti oli suka telat dan filter oli juga nggak diganti, resikonya mesin bisa aus, piston dan silinder baret-baret. Jangan remehkan hal ini, karena performa motor akan sangat terasa menurun setelah sekian lama. Ganti filter dengan merk yang disarankan atau yang lebih baik, usahakan tidak membeli yang KW, karena resikonya kerusakan mesin.
  7. Motor yang sudah tua (usia di atas 10 tahun) sebaiknya menggunakan oli yang non-sintetis, sementara motor yang baru menggunakan oli sintetis. Karena aditif di oli sintetis umumnya sudah disesuaikan dengan teknologi motor yang terkini, sedangkan motor tua masih menggunakan teknologi lama. Biasanya menyebabkan kopling slip lebih sering kalau motor tua pakai oli sintetis.
  8. Ganti oli di bengkel yang banyak pelanggannya. Banyak oli palsu. Saran umum untuk menghindari oli palsu adalah menggunakan oli yang tidak umum dipakai, karena kemungkinannya kecil untuk dipalsu. 
  9. Gunakan Nano Energizer Small Engine (warna hijau) setiap 30.000 km sebagai bahan campuran oli mesin. Ini untuk melindungi, merawat dan memperbaiki mesin motor yang baru maupun yang sudah tua. Pada mesin baru Nano Energizer bekerja seperti sel darah putih yang ketika ada perusakan mesin langsung segera memberikan tindakan memperbaiki kerusakan dan melindunginya dari kerusakan kembali. Sedangkan pada mesin tua Nano Energizer bekerja langsung seperti antioksidan yang langsung menuju kerusakan, memulihkannya secara bertahap dan melindunginya dari kerusakan kembali.
Rem

Tips:
  1. Minyak rem bertugas untuk menyerap kelembaban, dan lama-kelamaan daya serapnya akan semakin berkurang. Ganti minyak/oli rem setiap 1 atau 2 tahun untuk menjaga kualitasnya.
  2. Karena sifatnya yang menyerap kelembaban, jangan menambah minyak rem dari botol yang segelnya udah terbuka atau yang bekas.
  3. Hati-hati kalau minyak rem tumpah ke bodi, sifatnya bisa merusak cat dan bagian metal.
  4. Selalu cek bantalan rem, jangan sampai terlalu tipis, karena bisa merusak piringan rem.

Tips mengenai Rantai di Seri ke-2 ini nyusul ya..


Link terkait:
1. Perawatan Umum Sepeda Motor #1

powered by: grosirnanoenergizer.blogspot.com

Harga Nano mobil: 135rb
Harga Nano motor: 65rb

Call : 0813 2135 5768 (Grosir Nano Energizer)

No comments:

Post a Comment