Saturday, 4 May 2013

Cara dan Prosedur Tune Up Sepeda Motor



Hampir setiap orang mempunyai motor saat ini, tidak seperti pada waktu – waktu dulu dimana motor menjadi barang yang langka. Motor yang masih baru tentunya nyaman dipakai karena semua komponennya masih normal, namun motor yang sudah lama dipakai tentu akan berbeda rasanya ketika dikendarai. Untuk menjaga kondisi motor yang selalu prima, maka diperlukan service / tune up secara berkala. Pada bagian –bagian mesin sepeda motor seperti mesin, transmisi, rangka, dsb setelah dipakai lama akan mengalami kelelahan dan keausan sehingga mengurangi kinerja mesin motor, diantaranya seperti tenaga mesin menjadi menurun, akselerasi motor lambat, bahan bakar motor jadi boros, dan kemungkinan kerusakan berlanjut/merembet terhadap kerusakan komponen yang lainnya. 
Apabila kondisi tersebut tidak ditanggulangi melalui perawatan Tune up atau service secara berkala kendaraan, maka kondisi tersebut akan meningkat ke arah kerusakan komponen yang bertambah parah dan membutuhkan dana yang cukup besar untuk mengembalikan sepeda motor pada kondisi semula.


Tune up atau service merupakan kegiatan perawatan berkala pada sepeda motor,
dimana kegiatan tune up motor meliputi :

  1. Memeriksa bagian-bagian sepeda motor untuk memastikan bagian tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.
  2. Membersihkan bagian yang kotor agar kotoran yang ada tidak merusak sistem.
  3. Menyetel bagian yang berubah agar sesuai dengan spesifikasinya.
  4. Memperbaiki/mengganti komponen yang rusak/aus.

 Diharapkan dengan dilakukannya tune up berkala dengan baik, maka akan diperoleh :

  1. Usia komponen/kendaraan lebih lama
  2. Konsumsi bahan bakar lebih ekonomis
  3. Tenaga mesin optimal
  4. Kadar polusi/emisi gas buang kendaraan lebih rendah.


Prosedur Tune Up Sepeda Motor - Beberapa rangkaian kegiatan yang biasa dilakukan setiap melaksanakan tune up sepeda motor adalah sebagai berikut :
1) Bagian Mesin

  • Memeriksa dan mengganti oli pelumas mesin
  • Membersihkan saringan udara
  • Membersihkan saringan bahan bakar
  • Memeriksa dan menyetel busi
  • Membersihkan karburator
  • Menyetel katup
  • Menyetel campuran bahan bakar/putaran mesin
  • Menyetel kebebasan kopling

2) Bagian Kelistrikan

  • Memeriksa dan merawat baterai
  • Memeriksa fungsi kelistrikan (bel, lampu tanda belok, lampu kepala, lampu rem, lampu indikator)

3) Bagian Chasis

  • Memeriksa dan menyetel gerak bebas rem
  • Memeriksa, merawat dan menyetel gerak bebas rantai roda
  • Memeriksa kekocakan poros kemudi
  • Memeriksa kondisi ban dan menyetel tekanan angin ban
  • Memeriksa dan mengencangkan baut-baut pengikat (baut rangka, baut pengikat mesin, tuas starter, tuas transmisi, dsb)

Nano Energizer Smaller EngineUntuk hasil yang maksimal dan efeknya permanen (efeknya sampai 1 tahun dengan harga yang murah!!), gunakan Nano Energizer for Smaller Engine (harga 65 ribu). Apalagi kalau kilometer motornya sudah lama, gunakan Nano Energizer untuk memulihkan kondisi motor. Sudah banyak yang mencoba, hasilnya memuaskan asal digunakan dengan cara yang disarankan (lihat artikel cara penggunaan Nano Energizer). Dijamin tarikan enteng, tenaga kembali pulih, asap berkurang, bunyi lebih halus dan bbm lebih hemat dan terutama umur mesin jadi lebih panjang. 



Silahkan berikan komentar anda di blog ini. Komentar yang menarik akan memperoleh berbagai e-book mengenai perawatan kendaraan dan cara membangun bisnis dashyat di internet.

No comments:

Post a Comment