Wednesday 8 May 2013

Tips Pemeriksaan dan Perawatan Rutin Mobil

Sangat senang bila anda memiliki kendaraan yang selalu enak untuk dibawa jalan, tidak membuat gusar apalagi deg-degan setiap saat.. bawa ke jalan tol, takut pecah ban.. bawa nanjak takut ngelitik atau ngeden... maka dari itu, salah satu prasyarat biar membawa kendaraan nyaman ya mesti rajin-rajin di-cek dan diservis secara rutin. Sebuah penelitian di Amerika mengenai kondisi kendaraan memberikan hasil berikut:
  • 22 persen mobil memiliki oli mesin yang kurang atau kotor (makanya mesti dicek sesekali dipstik-nya, atau di-flush engine waktu ganti oli mesin)
  • 20 persen tidak memiliki sistem pendingin yang cukup (rajin-rajin diperiksa air/coolant radiatornya gan..! jangan sampe kosong di reservoir)
  • 19 persen filter udaranya kotor (untuk ini sebenarnya banyak pilihan, bisa yang mahal bisa juga yang murah.. kalo murah biasanya merk Sakura; kalo yang mahalan bisa pakai Filter K&N atau Ferrox)
  • 18 persen oli rem-nya kurang atau sudah kurang (ya, kalau yang ini sih nggak ada cara lain selain rajin-rajin buka kap mesin sambil liat semua garis batas oli2.. jangan sampai berada di bawah level minimum).
  • 14 persen membutuhkan belt/tali karet baru (nah.. ini memang sering kelupaan.. ciri2nya biasanya kalau mobil sering bunyi bercicit.. mungkin belt-nya udah getas tuh.. cara pertolongan pertamanya sih bisa dengan disemprot Proxima Silicone.. biasanya di fan belt, kalau v-belt atau timing belt sebaiknya segera diganti setiap 50-60 rb km).

powered by : grosirnanoenergizer.blogspot.com

No comments:

Post a Comment