Monday 13 May 2013

Golongan orang yang berdoa kepada Allah itu ada golongan orang yang meminta kepada Allah tapi meminta pada lainnya Allah, yaitu meskipun dia memohon berdoa kepada Allah, tetapi yang dipinta adalah sesuatu selain Allah swt. Dia mungkin meminta agar Allah mengaruniakan kepadanya harta, pangkat dan kemuliaan di sisi makhluk. Itu menunjukkan bagaimana orang ini sangat tak mengerti dan buta terhadap sifat rokhman rokhimnya Allah, kalau Allah itu maha mengatur dan maha memberi tanpa diminta, dan keagungan dan sifat kamalnya Allah itu seakan hanya menjadi jembatan untuk hal yang sangat remeh dan hina yaitu kesenangan nafsu yang sangat remeh.

Ada juga seseorang yang meminta kepada Allah agar dirinya diberikan manfaat akhirat seperti pahala, surga dan juga keberkahan. Permintaan yang berupa manfaat duniawi dan ukhrawi menunjukkan sikap kurang malunya seseorang hamba itu terhadap Allah swt. Orang yang seperti ini hanya melihat kepada nikmat tetapi tidak ingin mengenali Pemberi nikmat. Perhatikan kepada diri kita, apakah kita asyik merengek meminta itu dan ini dari Allah swt. Jika sifat demikian ada pada kita, itu tandanya hati kita masih keras dan perlu dilembutkan dengan zikrullah dan amal ibadah agar lahirlah sifat malu terhadap Allah swt Yang Maha Lemah-lembut dan Maha Bersopan Santun.

Sehingga saat meminta kita bisa meletakkan hati saat meminta dan berdoa kita itu berdoa sekedar memenuhi perintah Allah, ud'uni astajib lakum, sekedar bahwa diri menjalankan doa itu adalah karena ketaatan pada perintah Allah yaitu perintah meminta, dan apa saja yang kita minta ujung pangkalnya adalah guna memudahkan ketaatan, bukan kepentingan kesenangan ego dan kesenangan nafsu sendiri yang remeh. Lahiriyah dan batiniyah amal dan perbuatan itu sepadan dan saling melengkapi, sehingga apa yang diajukan pada Allah ittu bukan mau menipu Allah, sebab Allah tak bisa diakali dan tak bisa ditipu, Allah maha melihat dan mengetahui apa yang tersimpan sebagai rahasia hati dan apa yang terbersit sebagai niat dalam hati.

No comments:

Post a Comment