Friday 11 May 2012

Trik Menggunakan Mesin Pencarian

Trik Menggunakan Mesin Pencarian
Raja jempol terkadang kesulitan mencari artikel disitus melaluli search engine baik itu google maupun yahoo, ini dikarenakan banyaknya situs yang menyajikan artikel namun kata kuncinya tidak sesuai dengan isi artikelnya, untuk itu dibutuhkan trik agar menggunakan mesin pencarian dengan efisien dan benar, berikut ini langkah-langkahnya



10 tips menggunakan search engine secara efektif



Tentunya kita mengenal situs search engine semacam Yahoo, Google, biasanya tujuan memakai search engine adalah untuk mencari informasi di internet. Tujuan awalnya sih agar perburuan info tidak menghabiskan banyak waktu dan materi yang terkumpul juga jauh lebih banyak dan lengkap. Namun tak jarang kita malah kecewa setelah menghabiskan banyak waktu tapi info yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Berikut ini adalah 10 tips yang dapat digunakan sebagai panduan mencari informasi di Internet :



1. Berfikir layaknya manusia. Search engine didesain oleh manusia untuk bisa memahami manusia. Saat memasukkan kata kunci [keyword] pada search engine jangan menggunakan susunan kata-kata sinonim. Misalnya jika anda menanykan “dimana saya bisa mendapatkan games gratis”, maka kata-kata yang dapat dimasukkan pada search enginer adalah “game”AND gratis. Bukannya game gratis.



2. Huruf besar. Secara umum selalu gunakan huruf kecil saat mengetikkan keyword di search engine, namum untuk beberapa search engine semmacam Altavista, huruf besar sangat berpengaruh. Pada Alatavista jika anda mengetikkan “star”maka hasil pencarian turut memasukkan website yang mengandung “Star, STAR, staR dan lain-lain.Tapi jika yang anda masukkan “China” situs yang berhunbungan dengan negara China saja yang akan ditampilkan.



3. Jangan pernah mendewakan search engine. Google, Altavista, Hotbat dan ftpsearch adalah search engine yang sudah tidak asing lagi. Namun seiring dengan perkembangan internet, search engine ini telah banyak mengubah kebijaksanaannya. Salah satunya adalah dengan membuat filter-filter untuk mensensor materi tertentu.



4. Tetap konsentarsi pada tujuan. Tetap konsentrasi pada informasi yang anda cari. Seringkalai kita tergoda oleh info yang berada diluar konteks tujuan sehingga melupakan tujuan awal browsing.



5. Gunakan tanda [ “ “]. Tanda “ “bertujuan untuk membatasi pencarian. Jika anda mengetikkan “free games” maka hanya situs yang mengandung tepat frase free games yang akan ditampilkan.



6. Gunakan kata sespesifik mungkin. Misalnya anda ingin mencari info seputar mobil klasik keluaran Mercedes, maka anda bisa ketikkan “Classic Mercedes”. Hindari kata classic car apalagi hanya mengetikkan kata car.



7. Menggunakan tanda [+] dan [-]. Persempit wilayah pencarian dengan memanfa’atkan tanda ini. Misalnya anda ingin mencari tips bagaimana menguninstalkl paksa beberapa komponen windows. Maka ketikkan +”Windows XP”+hint+tips-uninstall-make money”pada search engine. Perehatikan susunan kata dari kiri kekanan [hirarki yang semakin sempit]. Tanda [-] bertujuan untuk membuang situs yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan info yang sedang dicari. Tanda [+] dan [-] identik penggunaannya dengan operator boolean AND dan NOT.



8. Kombinasi Operator Boolen AND, OR dan NOT. Contoh : gadis AND kanker OR “kanker payudara”NOT bugil. Artinya search engine akan menampilkan situs yang berhubungan dengan gadis dan penyakit kanker payudara dan bukan situs-situs porno.



9. Gunakan ejaan yang benar. Bila ragu penggunaan kata dalam bahasa asing untuk diketikkan pada search engine maka ada baiknya untuk mencek dahulu kata yang dimaksud. Bisa menggunakan Ak Jeeves atau Google com. Google akan segera menampilkan ejaan kata alternatif dan kata-kata yang paling umum digunakan, sedangkan Ask Jeeves akan mengecek apakah ejaan yang anda masukkan sudah benar.



10. Milis. Milis atau forum diskusi tempat bertukar informasi dapat dijadikan alternatif pencarian, Biasanya forum diskusi ini terbagi adalam banyak kategori jadi pilih saja dengan kebutuhan. Walau kebanyakan milis tersebut mewajibkan anda untuk mendaftar lebih dulu sebelum dapat bergabung namun anda bisa dikejutkan dengan info-info yang bisa dimanfa’atkan dari forum ini.

No comments:

Post a Comment