Friday 4 May 2012

Memanfa'atkan Puntung Rokok

putung rokok


Rokok yang banyak mengandung racun nikotin, sejatinya bisa dimanfa’atkan untuk keperluan lain yang lebih bermanfa’at daripada menghisapnya yang cenderung merusak kesehatan.Puntung rokok yang banyak bertebaran dan mengandung racun berbahaya bagi lingkungan dapat kita kelola untuk dimanfa'atkan.



Terkadang kita kalau menghisap rokok tidak semuanya habis pasti ada sisa tembakau plus filter, kecuali kalau lagi bokek pasti dihisap sampai habis. Tembakau sisa bekas hisapan atau orang jawa menyebutnya dengan “Tekik”yang biasanya ada sekitar 0,5 cm, jika kita jeli tembakau sisa tersebut dapat dimanfa’atkan untuk keperluan yang berguna. Jangan buang “Tekik”tersebut, pakailah untuk mengusir Gurem Kutu ayam dan mengusir semut merah atau semut api.



Untuk mengusir Gurem kutu ayam:

Memang sa’at ini sudah ada alat canggih untuk menetaskan telur ayam ataupun telur unggas lainnya yang sangat bermanfa’at bagi para peternak, Akan tetapi tidak semua jenis ayam bagus ditetaskan dengan mesin penetas, misalnya ayam aduan, ayam hias lebih berkwalitas bila ditetaskan dengan dierami induknya, jumlah telurnya tidak sebanyak dengan mesin tetas. Kalau dierami paling banyak 10 butir sedangkan kalau memakai mesin tetas bisa mencapai ratusan butir. Tapi tingkat kecacatan anak ayam akan lebih banyak pada mesin tetas. Untuk itulah para peternak ayam aduan dan ayam hias lebih suka menetaskan telur ayamnya dengan alami yaitu dierami induknya. Kadang kala pada tempat induk ayam mengerami telurnya bila suhu udara lembab banyak dihuni “gurem”sejenis kutu yang kecil-kecil jumlahnya ratusan yang amat mengganggu ayam dalam mengerami telurnya. Untuk mengusir kutu ayam tersebut, ambil beberapa “tekik” sisa rokok dan taburkan pada sekitar telur, niscaya kutu-kutu ayam akan kabur.



Untuk mengusir semut merah/semut api

Bila kita mempunyai tanaman yang ditanam dalam pot seperti bunga atau buah-buahan, dan lain-lain, biasanya dalam tanah dipot kerap dihuni semut, diantaranya semut merah/semut api yang bila menggigit amat gatal. Untuk mengusir semut tersebut dari pot, taburkan “tekik”sisa rokok merata diatas tanah dalam pot aduk rata, kemudian siram dengan air, maka semut-semut tersebut tidak akan berani menempati tanah dalam pot. Sehingga tanaman dan anda tidak akan terganggu lagi.



Puntung Filter rokok untuk kerajinan.

puntung filter yang biasa terbuat dari bahan seperti kapas dapat dimanfa'atkan untuk membuat berbagai macam hisan, tergantung kekreatifan kita.



itulah sedikit info, agar senantiasa era mengkampanyekan GO GREEN dengan sedikit perbuatan sepele namun bermanfa'at.



Semoga tips dari aku ini berguna.......

No comments:

Post a Comment