Monday 21 May 2012

Kamus Komputer Bagian 06

kamus Komputer 06
Katakata sulit dalam ilmu Komputer INILAH DEFINISINYA :



1. VIM, merupakan text editor advanced dan powerfull. Sebagai editor, vim datang dengan sangat banyak fitur, diantaranya bebas digunakan, kompatible dengan VI, portable [berjalan di Amiga, Atari MINT, BeOS, MSDOS, windows 9x/NT/XP, IBM OS/2 dan OS/390, mac os/mac OS X, MorphOS, openVMS, QNX, Risc OS, Unix, Linux, BSD], command line editing, help yang komprehensif, sangat konfigurable, mampu mengedit file terkompresi, mendukung regular ekspresion, dan keunggulan lainnya.

2. DMB, singkatan dari Digital Multimedia Broadcasting, adalah sistem tarnsmisi radio digital untuk mengirimkan multimedia keperangkat mobile. DMB dapat dioperasikan melalui satelit [S-DMB] atau transmisi terestrial [T-DMB] didasari oleh standar Eureka 147 digital Audio Broadcasting.

3. GSM, singkatan dari Global System for Mobile Communications, adalah salah satu standar sistem komunikasi nirkabel [wireless] yang bersifat terbuka.

4. Push To Talk, dikenal juga sebagai Press-to-Transmit, adalah metode untuk melakukan komunikasi half duplex, termasuk radio dua arah, dengan menggunakan tombol untuk berpindah dari penerimaan ke transmisi. Push to talk sama seperti konsep perangkat handie talkie.

5. NAT, singkatan dari Network Address Translation, suatu teknik untuk mengubah suatu IP address ke IP address yang lain.

6. Open Source, sebuah sistem dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan source code-nya secara gratis ! bahkan pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka.

7. AJAX, Asyncronous Java Script and XML, merupakan paduan dari beberapa teknologi yang sudah dikenal sebelumnya yaitu : HTML, DOM, XML, java script dan teknologi pendukung lainnya. Terdapat beberapa teknik komunikasi yang digunakan untuk implementasi AJAX. Teknik umum yang digunakan adalah dengan menggunakan, hidden frame, hidden iframe dan objectxmlhttprequest.

8. Cache, sebuah daerah memory cepat yang berisi salinan data. Akses kesebuah salinan yang dicache lebih efisien daripada akses kedata yang asli. Sebagai contoh instruksi-instruksi yang baru saja menjalankan proses-proses yang disimpan dalam disk, proses tersebut di-cache ke memory fisikal dan disalin lagi ke cache primer dan sekunder CPU.

9. Distro, sebutan untuk sistem operasi komputer mirip Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial, seperti Redhat Enterprise, SuSE dan lain-lain.

10. Open Source, istilah yang diguankan untuk program dengan source code yang dapat digunakan atau dimodifikasi secara bebas, agar sesuai dengan kebutuhan user atau developer tertentu.

11. Proprietary, sebutan untuk jenis software yang dimilki secara eksclusif oleh fihak tertentu, penggunan software ini harus mendapatkan lisensi atau izin dari pemiliknya.

12. Source Code, instruksi-instruksi program dalam bentuk aslinya, seperti ditulis programer, kode yang dapat dibaca manusia dan diterjemahkan dalam bahasa mesin sebelum dapat dijalankan oleh komputer. Langkah pertama adalah menerjemahkan source code kedalam object code dengan menggunakan utilitas yang disebut compiler. Kadang object code yang dihasilkan sama dengan mesin, dan kadang masih diperlukan proses lanjutan dalam menerjemahkan kedalam bahasa mesin dengan bantuan utilitas yang disebut assembler.

13. Tweak, istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan peruibahan setting, penambahan aplikasi dan lain-lain dengan tujuan meningkatkan kinerja komputer agar bekerja lebih cepat dan efisien.

14. Social Bookmarking, salah satu penerapan Web 2.0 yang digunakan untuk saling bertukar bookmark di WWW mirip dengan posting pada blog, social bookmark juga menyediakan tempat untuk komentar. Dengan cara ini blogger dapat mempromosikan posting dan tentu saja blognya, melalui jasa orang lain yang menyimpan link posting dalam account social bookmarking mereka.

15. Web 2.0, istilah yang menunjuk pada persepsi terjadinya penggerseran fungsi WWW dari sekedar menyampaikan informasi lewat berbagai website, menjadi rangkaian aplikasi yang dijalankan secara online. Website yang menggunakan teknlogi flex [RIA berbasis flash dari adobe], lazlo [platform aplikasi flash open source] atau menggunakan AJAX secara instensif seperti Gmail atau Google Map, merupakan website yang sudah menerapkan Web 2.0

16. XML, Extensible Markup Language. Format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomendasikan oleh W3C. Sebagai bahasa terbuka untuk merepresentasikan data yang digunakan secara umum untuk berbagai keperluan.

17. Active Directory, Implementasi protokol LDAP [Light weight Directory Access Protocol] pada windows, yang berguna sebagai sistem autentikasi terpusat. Sistem ini adalah suatu sistem database terpuast yang menyimpan semua userbname dan kebijakan yang spesifik atas user tersebut.Active directory digunakan pada sistem domain, dimana active directory ini disimpan dalam domain controler, yaitu sutau server yang bertugas mengatur penggunaan resource dalam domain tersebut.

18. Card Reader, hardware tambahan yang dihubungkan dengan komputer, biasanya melalui port USB untuk membaca isi media card.

19. Red Hat, adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber bebas. Re Hat didrikan tahun 1993 dan bermarkas di Raleigh, Nort Carolina, USA. Red Hat dikenal karena produknya Red Hat Linux adalah salah satu distro linux utama.

20. Club Bisnis, adalah sebuah club yang memberikan fasilitas online store, iklan, serta tutorial bisnis GRATIS more detail click here !.

21. CDMA, Code Division Multiple Access, sistem telepon selular digital yang menggunakan skema akses jamak.

22. Operating Sistem, sistem pada komputer, ponsel, PDA atau lainnya yang menjadi dasar semua aplikasi komputer. Tanpa operating sistem anda tidak dapat mengisikan aplikasi apapun kedalam device, contoh operating system pada komputer adalah Windows, Unix, Linux, atau Mac. Pada ponsel yaitu Symbian dan pada PDA misalnya Windows Mobile.

23. Command Line, prompt utama pada sebuah sistem komputer adalah command line [yang diakhiri tanda seperti $, % atau >]. Lebih luas lagi setiap kali orang pengguna mengetikkan perintah untuk komputer apakah pada prompt sistem operasi atau dalam program inilah yang disebut command line.

24. OEM, singkatan dari Original Equipment Manufacture, yaitu sebuah persuhaan yang membuat produk atau komponen atas dasar pesanan perusahaan manufaktur lain. Pesanan tersebut biasanya khusus untuk diintegrasikan dengan produk lain berdasar rancangan dan spesifikasi yang diminta oleh perusahaan pemesan yang biasa disebut VAR [Value added Reseller].

25. Plugin, program komputer yang berinteraksi dengan program utama untuk menyediakan fungsi tertentu atau spesifik. Program utama kan menyediakan layanan yang akan dimanfa’atkan oleh plugin, sehingga plugin sangat bergantung pada layanan ini karena itu plugin tidak bisa bekerja secara sendiri

No comments:

Post a Comment