Friday 25 May 2012

Kamus Komputer Bagian 10

kamus komputer 10
Pengertian beberapa istilah dalam teknologi computer



50.Sexy indo girls

Adalah sebuah nama worm sejenis virus W32/Rontokbro, yang biasa berupa file-file e-mail. Adapun nama lainnya Aura Kasih bugil, Bella shafira telanjang, DPR mesum, adalah nama yang digunakan oleh para pengirim dan pembuat virus.



51. Subrutin

Dikenal juga sebagai funtion, metode atau prosedur, adalah bagian kode dalam sebuah program yang bertugas melaksanakan tugas tertentu dan bersifat independen. Maurice Wilkes, Stainley Gill, dan David Wheeler dianggap sebagai penemu tool ini. Subrutin sering kali di-coded agar bisa dieksekusi berulang kali dari beberapa tempat dalam satu kali saja.



52. Variabel

Simbol atau nama yang berfungsi sebagai nilai. Contohnya dalam ekspresi x+y adalah variabel. Variabel bisa mewakili nilai numerik, karakter, string atau alamat memory. Variabel berperanan penting dalam pemrograman karena programer bisa membuat program yang lebih fleksibel. Daripada langsung memasukkan data keprogram, programer dapat menggunakan variabel untuk mewakili data. Lalu sa’at program dieksekusi, variabel akan diganti oleh data asli. Hal ini membuat program yang sama bisa mengakses kumpulan data yang berbeda.



53. vhCritical

Konstanta yang mengindikasikan tombol mana yang akan ditampilkan sa’at memanggil fungsi Msgbox.



54. RAM

Random Access Memory, biasa dikenal dengan sebutan RAM adalah format penyimpanan data untuk diakses dalam perintah apapun, aksesnya tidak berurutan [random], Secara umum RAM dalam komputer berarti memory utama atau penyimpan utama, area aktifnya biasanya digunakan untuk menampilkan data dan manipulasi data. RAM type ini biasanya menggunakan bentuk integrated circuits [IC]. Bentuk RAM ini disebut memory sticks atau RAM sticks, karena RAM ini dibuat sebagai circuit board yang kecil, dengan pengepakan menggunakan palstik, dan ukurannya sebesar permen karet stick. Kebanyakan komputer mempunyai slot memory tambahan, untuk menambah atau mengganti memory chip.



55. UMTS

Universal Mobile Telecommunication System adalah salah satu dari tiga teknologi ponsel generasi ke-3 [3G]. UMTS menggunkan standar dasar W-CDMA yang telah disahkan oleh 3GPP, dan teknologi UMTS juga sebagai jawaban dari Eropa/Jepang untuk teknologi ITU-IMT2000. Out IMT2000 adalah standar dari sistem radiuo selular 3G. Untuk membedakan UMTS seringkali diasosiasikan sebagai 3GSM. 3GSM adalah gabungan teknologi 3G dan standar GSM yang diciptakan untuk menuai kesuksesan.



56. CCD

Charge Coupled Device adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi array kapasitor yang berhubungan, atau berpasangan. Dibawah kendali sirkuit luar, setiap kapasitor dapat menyalurkan muatan listriknya ketetangganya. CCD digunakan dalam fotografi digital dan astronomi [terutama dalam fotometri] optikal dan spektroskopi UV, dan teknik kecepatan tinggi, seperti penggambaran cepat.



57. DIGIC

Atau kepanjangan dari Digital Integrated Circuit version II adalah sebuah ASIC yang dibuat oleh Canon untuk memproses gambar dengan kecepatan tinggi, serta mengatur pengoperasian kamera digital. DIGIC II merupakan pengembangan dari DIGIC I, dengan menambah buffer dan processing speed yang lebih tinggi untuk mengoptimalkan algoritma. DIGIC II menggunakan DDR SDRAM kecepatan tinggi, yang membantu menambah kecepatan start-up dan auto focus pada kamera digital. Canon mengklaim DIGIC II memberikan warna yang lebih natural, ketajaman, dan automatic white balance lebih alami, dengan penggunaan sensor CMOS pada DSLR kamera.



58. GPS

Global Posiotioning System bukan hanya sistem navigasi satelit yang berfungsi secara penuh. Sebuah perkumpulan yang terdiri dari dua lusin satelit GPS, memancarkan sinyal yang sangat presisi melalui radio kepenerima elektronik GPS, yang membuat sinyal-sinyal tersebut secara akurat menetukkan posisi [longitude, latitude, dan altitude] secara real time, siang atau malam. Dalam cuaca apapun, dimanapun dibelahan dunia ini. Sejak GPS mulai beroperasi penuh tahun 1993, GPS sudah menjadi perangkat yang penting, sangat tangguh sebagai alat navigasi dilaut, udara maupun didarat. GPS juga sangat berpengaruh untuk pembuatan land surveying serta pembuatan peta. GPS juga menyediakan time reference yang sangat presisi, diuperlukan untuk penelitian gempa bumi.



59. Apple Computer

Perusahaan PC yang didirikan pada tahun 1976 oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak. Komputer buatan mac atau apple ini telah menjadi pioner dalam beberapa teknologi PC, misalnya interface [GUI] yang diperkenalkan tahun 1983, plug and play pada tahun 1987 di PC Apple II, bulit-in networking tahun 1985, dan lain sebagainya. Pada tahun 1993 Apple memunculkan Macintosh TV, yang merupakan PC pertama dengan televisi dan stereo CD bulit-in.



60. Ethernet

Merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer, yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Auto Research Center [PARC] pada tahun 1972.



61. Konversi

Pengubahan format file-file komputer keformat yang lain, misal dari MP3 ke WAV, WMV ke 3GP dan lain-lain. Konversi dibutuhkan agar file yang dimaksud dapat dijalankan pada aplikasi maupun device tertentu, misal Portable Media Player atau yang lainnya.



62. PCB

Printed Circuit Board, adalah komponen yang berfungsi untuk menampung komponen-komponen elektronik seperti kapasitor, dioda, transistor maupun yang lainnya, dan menghubungkan tiap komponen tersebut dengan jalur-jalur tembaga yang terpatri dipermukaannya.



63. TSOP

Thin Small Outline Package, standar packaging yang digunakan pada chip memory khususnya untuk jenis SDRAM baik SDR maupun DDR. Sedang untuk DDR2 keatas packaging berubah menggunakan BGA [Ball Grid Array]



64. Unifield Shader

Adalah teknik dari teknologi GPU yang menggabungkan fungsi shader baik pixel maupun vertex kedalam satu kesatuan unit shader, dan mengaturnya sesuai kebutuhan fungsi mana yang lebih membutuhkan proses lebih besar [pixel/vertex] akan mendapatkan porsi unit shader lebih besar.



65. HTTP

Merupakan singkatan dari Hypertext Tarnsfer Protocol. Merupakan metode yang dipergunakan untuk transfer informasi web [WWW]. Tujuan awalnya dari HTTP adalah menyediakan cara untuk mempublikasikan dan menampilakn dokumen HTML. HTTP merupakan protokol request/response diantara client dan server. Sebagian besar client dapat berupa web browser ataupun download manager. Client seringkali disebut juga sebagai user agent. Sementara, server umumnya disebut HTTP server, ataupun web server bisa terdapat beberapa penengah, seperti proxy, gateway, dan tunnel.



66. Opacity

Secara sederhana merupakan suatu kondisi yang tidak dapat dilalui oleh cahaya. Suatu obyek yang opaq tidaklah bersifat transparan, ataupun translucent. Bahan yang opaq meneruskan sangat sedikit cahaya tersebut dan memantulkan atau menyerap sebagian besar cahaya tersebut. Di dekstop KDE kita bisa mengatur nilai opacity yang diinginkan pada sa’at suatu menu, dibuat translucent misalnya.



67. API

Singkatan dari Application Programing Interface, berupa sekumpulan definisi dari suatau cara bagaimana software lain. API merupakan satu metode dalam melakukan abstraksi [pemrograman] biasanya [tapi tidak selalu] antara software level rendah dan level tinggi.



68. Combo Box

Kombinasi dari text box dan list box yang mengijinkan anda untuk memasukkan nilai atau memilihnya dari daftar yang ada. Combo box bisa diedit bisa juga tidak. Sa’at combo box tidak bisa diedit, user hanya bisa memilih satu item yang ada didaftar pilihan. Atau bisa juga dengan memasukkan nilai secara manual.



69. W3C

World Wide Web Consortium, adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web. Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web, seperti URL [Uniform Resousce Locator], HTTP [hypertext Transfer Protocol], dan HTML [hypertext Markup Language] dikembangkan dan diatur oleh badan ini.



70. Web Server

Sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service [IIS]. Apache merupakan server web antar-plaftform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi disistem operasi windows.



71. Phase Change

Dikenal juga dengan nama Vaspor Phase Cooling. Phase Change merupakan metode pendinginan yang cukup jarang digunakan untuk overclock. Phase change pada dasarnya adalah heatsink pada CPU, GPU atau chip northbridge. Heatsink itu kemudian terhubung dengan kompresor yang biasanya berisi gas yang biasa dipakai untuk lemari pendingin. Phase change menghasilkan suhu -20 hingga -90 derajat celcius, tergantung dari gas, kompresor dan heatsink yang dipakai.



72. Quad Pumped

Quat Data Rate adalah teknik pensinyalan komunikasi dimana data ditransmisikan baik sa’at sinyal clock naik dan turun, hampir sama seperti teksnologi DDR. Tapi dengan dua sinyal clock yang 90 derajat saling menjauhi, maka secara efektif akan menghantarkan 4 bit data per siklus clock. Teknologi ini diperkenalkan pertama kali oleh intel pada core Willamette dan pada sa’at ini dipakai di Pantium 4, Celeron, Pentium D, Core 2.



73. Water Cooling

Metode pembuangan panas dari komponen yang menggunakan air sewbagai media pemindah panasnya. Keuntungan dari penggunaan water cooling adalah kapasitas panas yang lebih tinggi, densitas dan konduksivitas suhu.Dalam beberapa tahun ini penggunaan water cooling biasanya terdiri dari CPU water block, pompa air, dan pembuang panas [berupa radiator dengan kipas]. Penggunaan water cooling tidak hanya meningkatkan kemampuan overclock dan pengoperasian yang lebih sunyi, tapi juga membuang panas lebih baik.



74. DOS

Singkatan dari Disk Operating System, yaitu OS berbasis teks yang menyediakan informasi mengenai sistem file dari hardisk atau floppy disk sebagai secondary storage. OS DO adalah keturunan dari CP/M. Banyak perusahan yang mendistribusikan DOS, namun hanya ada dua yang asli, yaitu PC-DOS [IBM] dan MS-DOS [Microsoft]



75. Drive Letter

Nma huruf yang terdapat pada hasil partisi hardisk baru maka akan terdapat dua drive letter yaitu A : untuk floppy disk, C : untuk hard disk dan D : untuk DVD/CD ROM. Penamaan drive letter biasanya akan diberikan secara otomatis oleh sistem, tetapi terdapat beberapa aplikasi yang dapat mengubahnya secara manual

No comments:

Post a Comment