Monday 21 May 2012

Tips Hilangkan Bau Mulut

mulut bau
Banyak orang yang terkadang malu dan mengganggu orang lain ketika berbicara karena bau mulutnya yang tidak sedap. Dalam artikel kali ini Raja Jempol akan berusaha memberikan kenapa bau mulut tidak sedap ?



Faktor penyebab bau mulut ini amat banyak yang intinya berkisar pada :

1. Sebab karena gigi dan Gusi. Penyakit gigi, gusi dan amandel adalah penyebab utama bau mulut yang tidak sedap. Apabila gusi bernanah, gigi berluabng akan mengakibatkan bau mulut menjadi tidak sedap pula.

2. Sebab karena penyakit dalam. Salah satu penyakit dalam yaitu infeksi lambung, bau asam lambung akan mengakibatkan bau mulut menjadi tidak sedap.

3. Karena penyakit hidung dan tenggorokan. Hidung adalah organ pertama tempat keluar masuknya udara pernafasan. Udara yang keluar darinya membawa bau tidak sedap.

4. Penyakit-penyakit alin.keracunan urine darah akan mengandung senyawa kimia yang sampai keair liur mulut dan memicu timbulnya bau tidak sedap, mulut kering, tidak berliur juga demikian pula.



Selain itu penyebab bau mulut tidak sedap yang berkaitan dengan tingkah laku dan pola hidup kita.

Dari tingkah laku inilah kita bisa mengurangi/menghilangkan bau mulut yantg tidak sedap. Adapun tingkah alku tersebut antara lain :

a) Tidak rutin membersihkan gigi dengan pasta gigi, ini jmemberikan kesempatan bagi berkembang biaknya kuman yang bekerja membantu fermentasi sisa makanan sehingga menghasilkan bau mulut yang tidak sedap.

b) Faktor makanan. Ada beberapa jenis makanan yang memngandung zat sulfur seperti ikan, bawang putih, bawang merah, dan beberapa produk berbahan susu yang bila tidak dibersihkan dengan baik akan berakibat bau mulut tidak sedap.

c) Mulut kering. Bahwa air liur bekerja membantu membersihkan mulut, aktivitas mengunyah dan menelan dapat membantu kerja produksi air liur berkurang maka bau tidak sedap akan keluar dari mulut. Keringnya air liur ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi alkhoho, dan obat-obatan pelancar kencing.

d) Lapar. Ketika lambung kosong dari makanan, hal itu mengakibatkan vakumnya kinerja zat-zat pembantu proses pencernaan dilambung, maka akibatnya muncullah bau yang naik kemulut.



Dari sebab perilaku diatas dapat dilakukan pengurangan bau mulut tidak sedap antara lain :

a) Rutin minimal tiga kali sehari atau sehabis makan dan mau tidur membersihkan/menggosok gigi dengan benar.

b) Mengurangi konsumsi makanan yang bisa meninggalkan sisa bau, atau sisa makanan disela-sela gigi.

c) Selalu minum air ketika mulut merasa kering agar bau mulut hilang bersama air.

d) Makan teratur jangan sampai perut kosong, kecuali jika sedang menjalankan ibadah puasa.

e) Hindari merokok dan minum alkhohol.

f) Konsumsi buah segar seperti apel dan jeruk

g) Bisa memakai parfum khusus untuk mengurangi bau mulut.



Itulah sedikit tips agar bau mulut terkurangi...semoga bermanfa’at.



No comments:

Post a Comment