Thursday 17 May 2012

Kamus Komputer Bagian 2

kamus bag 2

Berikut ini beberapa definisi kata-kata sulit dalam ilmu komputer :

1. EPIA ,Singkatan dari Embedded Paltform Innovative Architecture. Arsitektur motherboard yang dikembangkan oleh VIA dengan processor VIA yang terintegarsi. VIA EPIA banyak dipakai untuk perangkat portabel seperti komputer dan perangkat jaringan seperti firewall.

2. Exhaust ,Sebuah sistem pendingin dimana udara dipindahkan dari sebuah ruangan dengan menggunakan fan atau lainnya. Exhaust berfungsi untuk menghilangkan kontaminasi dari sebuah lokasi yang berada didekat sumbernya.

3. Fan Controller ,Bagian dari perangkat pendingin yang berfungsi untuk mengatur kecepatan fan yang ada didalam casing. Fan controller sangat berman fa’at untuk penghematan listrik dan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh fan.

4. Form Factor ,Ukuran fisik dan bentuk dari suatu perangkat. Pada motherboard selain berhubungan dengan ukuran dan bentuk, juga menggambarkan layout fisik dari berbagai komponen dan perangkat yang ada dalam motherboard. Sedangkan pada casing, menggambarkan fitur yang spesifik dan jenis motherboard yang bisa dimasukkan.

5. Hosting, Sebutan ringkas untuk webhosting jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan yang menyediakan ruang [space] untuk dokumen website atau blog, agar dapat diakses melalui internet .Dengan kata lain, hosting menyediakan ruang hardisk untuk website atau blog, pada komputer server yang terhubung dengan internet.

6. Installer, File yang digunakan untuk menginstal aplikasi, driver, atau software lainnya dikomputer. Sebagian installer dirancang untuk menginstal file-file yang ada didalam dirinya sendiri. Tipe installer lainnya menginstal aplikasi dengan cara memabaca isi paket software yang akan diinstal.

7. Screenshot, Salinan seluruh atau sebgian tampilan layar komputer. Screenshot biasanya dipakai untuk membuat tulisan atau buku tutorial. Untuk membuat screenshot, dapat digunakan tombol PrintScreen yang akan menyimpan tampilan layar kedalam clipboard. Selanjutnya, salinan tersebut dapat dituangkan [paste] langsung keaplikasi pengolah kata atau gambar yang ada.

8. Web development Istilah yang menunjukkan seluruh aktivitas dalam pembuatan website. Termasuk mendesain [design grafis, HTML, CSS, usability, dan semantik] memprogram web, administrasi server, manajemen konten, pengujian, serta peng-online-nan dan penyebarluasan website.

9. Database server, Aplikasi yang menyediakan akses data, menulis, dan membaca dari tabel. Aplikasi ini sering disebut dengan back-end. Jenis aplikasi ini contohnya adalah MS SQL SERVER, MySQL, Oracle database server dan lain-lain.

10. Postfix, Mail transfer agent yang dikembangkan oleh WietseVenema. Fitur yang ditawarkan oleh Postfix adalah performance, kompatibilitas, independent, keamanan, multyple transport, mendukung format maildir, dan kemudahan konfigurasi.

11. Sendmail, Istilah yang diberikan untuk sebuah aplikasi yang berdiri sendiri, atau tidak membutuhkan aplikasi lain untuk menjalankannya. Sebagai contoh terdapat dua jenis aplikasi PDF maker, yang pertama diintegrasikan kedalam Microsoft Word dan dapat langsung membuat file PDF melalui perintah Print> Dan yang kedua adalah aplikasi yang berdiri sendiri dan dapat memproses sebuah file menjadi PDF langsung melalui dirinya, type yang kedua inilah yang disebut aplikasi standalone.

12. PDA, Personal Digital Assitant, sebuah alat yang menyerupai komputer genggam, dan berfungsi mengatur berbagai macam informasi personal kita. Informasi-informasi tersebut mencakup, database nama dan alamat, hal-hal yang mesti dilakukan, note, dan lain-lain. PDA dimasa sekarang dipadu dengan fungsi ponsel, atau mobile office. Untuk input/output digunakan stylus, maupun keyboard kecil. Stylus digunakan langsung pad layar PDA, bila hendak membuka menu.

13. USB, Universal Serial Bus, standard bus berseri untuk perangkat penghubung. Biasanya kepada komputer namun juga digunakan diperalatan lainnya, seperti konsol permainan, dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon menggunakan peralatan hub yang khusus. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu me-reboot komputer.

14. WiMedia, Standar ISO platform radio frekwensi yang diperuntukkan bagi koneksi wireles ultra wideband [UWB] pada teknologi ini, konsumsi daya menjadi lebih hemat, dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Teknologi yang menggunakan standar ini, misalnya W-USB, Bluetooth, dan lain-lain.

15. GPS, Atau Global Posiotioning System bukan hanya sistem navigasi satelit yang berfungsi secara penuh. Sebuah perkumpulan yang terdiri dari dua lusin satelit GPS. Memancarkan sinyal yang sangat presisiu melalui radio ke penerima elektronik GPS, yang membuat sinyal tersebut secara akurat menentukkan posisi [longitude, latitude, dan altitude] secara real time, siang atau malam. Dalam cuaca apapun, dimanapun dibelahan dunia ini. Sejak GPS mulai beroperasi penuh tahun 1993. GPS sudah menjadi perangkat yang penting, sangat tangguh sebagai alat navigasi dilaut, udara maupun darat. GPS juga sangat berpengaruh untuk pembuatan peta, serta land surveying. GPS juga menyediakan time reference yang sangat presisi, diperlukan untuk penelitian ilmiah, termasuk penelitian gempa bumi.

16. RAW, Format gambar RAW memilki proses data yang minimal didapatkan dari sensor gambar kamera digital atau scanner. Dinamakan RAW [mentah] karena format ini belum diproses dan didapat lamgsung digunakan oleh editor grafis bitmap, dicetak, atau didisplay melalui web browser tertentu. Format RAW harus diproses dan dikonversi ke format RGB seperti TIFF atau JPEG, sebelum dapat dimanipulasi melalui komputer.

17. SATA, Bisa disebut juga dengan Serial Ata atau S-ATA adalah teknologi komputer bus yang didesain untuk menstranfer data, menuju atau dari harddisk. SATA adalah penerus kesuksesan dari Standar Advanced Teknologi Management atau ATA, biasa disebut juga IDE atau Integrated Drive Electronic. Teknologi yang lebih lama dikenal dengan nama PATA atau Retroactively Renamed Parallel ATA, untuk membedakan dari serial ATA.

18. MAX PAYNE, Game third-person shooter yang dikembangkan oleh Remedu Entertainment pada juli 2001. Seri Max Payne banyak dipengaruhi oleh film action dari Hongkong. Pada game Max Payne terdapat vitur bullet time, dimana anda dapat melihat peluru yang ditembakkan dari senjata dengan jelas dan terlihat melambat. Game dan modes single player ini pada setipa permainnanya hampir selalu menggunakan fitur bullet time guna mengalahkan musuh satu persatu.

19. NINTENDO GAMECUBE, Mempunyai nama asli ‘dolphin”pada tahap pe,buatan. Perangkat game ini adalah produk konsol game ke-4 dari nitendo yang muncul pada era ke-6 generasi konsol game, setingkat dengan Sega Dreamcast, Sony Palystation 2, dan Microsoft Xbox. Gamecube pertama kali dirilis pada 14 september 2001 di Jepang.

20. Survival horor game, Salah atu game dimana didalam gameplay pemain berusaha menyelamatkan diri dan melawan musuh berbentuk makhluk ghaib [setan, zombie, vampire] dalam mode third-person. Genre yang pertama kali digunakan pada game Resident Evil [Biohazard] tahun 1996 ini biuasanya merupakan game single palyer. Suasana game ini pasti berhubungan dengan kegelapan, kesunyian, supranatural, dan kekejaman.

21. 8.3 , Disebut juga short file name [SFN], yaitu sistem penamaan file yang digunakan pada DOS, Windows 95, Windows NT 3.5. Namun sistem ini juga masih digunakan pada sistem operasi windows terkini sebagai operasi alternatif nama file untuk kompatibilitas dengan aplikasi terdahulu. Nama file 8.3 memakai delapan karakter dan tiga nama ekstention.

22. Archive, Fila yang mengandung file lain. Biasanya sebuah archive adalah file terkompresi yang mempunyai nama file berakhiran ZIP, RAR, ARC, ARJ,ACE LZH dan lain-lain. Dengan archive membuat pengelompokkan, penyalinan, dan pengiriman file menjadi lebih mudah dan cepat. Sebagian besar file yang berada di Internet seperti America Online dan Compuserve didistribusikan sebagai file archive. Keuntungan menggunakan archive untuk ditribusi file di Internet adalah hanya melakukan satu kali operasi file yaitu download untuk memperoleh semua file dan waktu transfer file dan waktu transfer file dapat diminimalisi karena archive adalah file terkompresi.

23. DAO, Disc at once, metode recording dimana seluruh CD ditulis secara sekaligus [satu tahap] tanpa mengalami tahap idle.

24. DTP, Kependekkan dari Dekstop Publishing, yaitu sebuah aplikasi untuk membuat dokumen publikasi yang hasil produknya dapat berupa buku, majalah, koran, iklan, spanduk, dan sebagainya. Contoh aplikasi dekstop publishing adalah QuarkXpress, Adobe indesign, Scribus, Microsoft Publisher, Apple Pages dan Draw openoffice.org. Dengan aplikasi ini user membuat layout yang merupakan gabungan dari teks, grafik, foto dan elemen lain untuk membentuk suatu dokumen publikasi sesuai yang diharapkan, baik dalam skala besar maupun kecil.

26. SD Card

,adalah sebuah format kartu memory flash. Dia digunakan dalam alat portable, termasuk kamera digital dan komputer genggam. Kartu SD berdasarkan kartu multi media [MMC] yang lebih tua, tetapi kebanyakan lebih tebal dibanding kartu MMC. Kartu SD biasanya berukuran 32 mm, by 24 mm, by 2,1 mm, tetapi dapat setipis 1,4 mm. Ada dua jenis yang tersedia, kecepatan tinggi dan kecepatan biasa. Beberapa kamera digital memerelukan kartu berkecepatan tinggi untuk merekam video secara lancar, atau menangkap gambar berturut-turut. Alat yang dilengkapi dengan slot SD dapat menggunakan kartu MMC yang lebih tipis, tetapi kartu SD standar tidak dapat digunakan ke slot kartu MMC yang lebih tipis. Kartu SD dapat digunakan dalam slot CompactFlash, atau kartu PC dengan sebuah adapter.



27. WPA

Singkatan dari Wi-fi Protected Access, adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan wireles. Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi sistem sebelumnya yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrasturktur nirkabel yang menggunakan metode pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA menginplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implrementasi keamanan jaringan wireless. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi [PC]



28. xD-Picture Card

Jenis flash memory card yang banyak dipakai kamera digital. xD merupakan singkatan dari extreme digital. xD diperkenalkan pertama kali pada juli 2002 meski dikembangkan oleh Olympus dan Fuji film, xD diproduksi oleh Toshiba dan Samsung.



29. Memory Corruption

Terjadi ketika isi dari pengalokasian memory mengalami perubahan yang tak disengaja sehingga menyebabkan proses pemrograman menjadi error. Ketika memory corrupt ini digunakan oleh aplikasi lain maka sistem akan mengalami crash atau beroperasinya aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.



30. Service Pack

Programnya dibuat untuk memperbaiki masalah dan bug yang terjadi pada sebuah aplikasi. Selain itu service pack berguna untuk meng-update aplikasi, driver, dan menambahkan beberapa fitur dan komponen terbaru pada sebuah aplikasi atau sistem operasi. Vendor software yang memproduksi aplikasi dalam skala besar, biasanya mengeluarkan service pack ketika pacth untuk aplikasi dirasa menjadi terlalu besar. Service pack lebih mudah diinstal daripada kumpulan pacth, terutama bagi komputer yang berada dijaringan dan segera membutuhkan up-date aplikasi. Setiap versi service pack terbaru mengandung semua perbaikan yang ada pada service pack sebelumnya.



31. Turn based Strategy

Dapat dibilang sebagai bermain dengan menunggu giliran. Tipe permainan ini mengharuskan penyelesaian misi oleh satu pemain dan dilanjutkan kemudian oleh pemain lain untuk penyelesaian misi berikutnya. Jadi setiap player pasti akan mendapat giliran untuk ikut serta pada game. Patokan giliran mengikuti game dapat didasarkan atas waktu, penyelesaian misi, atau desain lainnya.



32. HDCP

HDCP atau High bandwidth Digital Content Protection, adalah salah satu bentuk DRM {Digital Right Management] yang dikembangkan oleh intel, dimana berfungsi untuk mengontrol content audio dan video yang melalui jalur berinterface DVI atau HDMI.



33. HDMI

Merupakan kependekan dari High Definition Multimedia Interface, dan HDMI ini adalah salah satu interface untuk jalur data audio dan video yang berbentuk digital.



34. Northbridge

Salah satu komponen chipsewt dimotherboard yang bertugas mengendalikan komunikasi antara CPU, RAM, AGP/PCI Express, dan Southbridge. Beberapa northbridge juga ada yang memilki grafis terintegarsi didalamnya.



35. Platter

Adalah media disk berbahan logam yang ada dalam sebuah harddisk. Dimana pada permukaannya telah dilapisi materi yang bersifat magnetik untuk merekam data, dan kedua sisi dari sebuah plater dapat digunakan. Biasanya sebuah hard disk memilki beberapa platter yang diposisikan bertumpuk, untuk mendapatkan kapasitas besar.



37. SLI

Atau Scalable Link Interface, adalah teknik penggabungan dua buah video card dari nVIDIA didalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa sebanding dengan jumlah performa kedua video card yang digunakan. Walau secara praktiknya hal ini belum tercapai, dan biasanya hanya berkisar 40 hingga 60 persen saja dari penggunaan satu video card.



38. QVGA

Singkatan dari Quarter Video Graphics Array, adalah istilah yang populer untuk display beresolusi 320*240. QVGA banyak dipakai diponsel, PDA dan konsol game handheld. Nama QVGA berasal dari kenyataan bahwa 320*240 merupakan ¼ dari 640*480.



39. TI OMAP

Microprocessor untuk aplikasi multi media yang merupakan propietry dari Texas Instrument. Beberapa processor di seri OMAP memilki arsitektur dual core yang terdiri dari processor ARMJ dan sebuah DSP



40. Touchscreen

Layar sentuh, touch panels atau touch screen panels adalah layar tampilan komputer yang sensitip terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi denmgan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar komputer . Touchscreen sering dipakai pada kios informasi ditempat-tempat umum misalnya dibandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memilki kemapuan layar sentuh.



41. AGP

Kependekan dari Accelerated Graphic Port, yakni suatu spesifikasi interface yang dikembangkan oleh Intel Corporation. AGP ini berbasis interface PCI, tetapi didesain secara khusus hanya untuk keperluan dari grafis 3D. Dibanding dengan PCI, AGP ini memilki channel point to point sehingga kontroler grafis dapat secara langsung menakses memory.



42. DVI

Suatu standar konektifitas antara perangkat digital semisal proyektor dengan PC. Dimana, dengan koneksi digital maka untuk perangkat yang mendukung DVI, tidak diperlukan lagi proses konversi ke analog, dan hal ini akan menyebabkan tidak adanya penurunan akan kualitas data tersebut.



43. FSB

Istilah yang biasanya merepresentasikan kecepatan [MHz] untuk bus yang digunakan oleh berbagai komponen atau peripheral yang berhubungan dengan CPU. Namun nilai FSB [Front Side Bus] terpenting adalah FSB dari CPU itu sendiri. Karena FSB CPU akan menetukan seberapa cepat CPU dalam berkomunikasi dengan komponen atau peripheral tersebut.



44. Mailing list

Kelompok diskusi di internet yang memanfa’atkan fasilitas e-mail. Seseorang yang terdaftar pada sebuah mailing list dapat menerima dan mengirimkan e-mail kepada anggota lain untuk berdiskusi atau saling berbagi informasi. Yahoo groups dan Google group adalah dua penyedua jasa mailing list yang terkenal sa’at ini.



45. Newsletter

Publikasi tematis yang dikirimkan kepada orang-orang yang mendaftarkan diri. Secara periodek newsletter dikirimkan untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh para pelanggannya.



46. Copy Editor

Orang yang bertanggung jawab melakukan perubahan format dan perubahan-perubahan lainnya pada naskah atau teks pada penerbitan buku atau majalah. Tugas seorang copy editor dapat dirumuskan kedalam 5C, yakni membuat naskah menjadi clear[jelas], correct[benar], concise[ringkas], comprehensible[dapat dipahami] dan consistent[konsisten]



47. Reporter freelance

Wartawan yang tidak bekerja pada suatu media tertentu. Reporter freelance meliput secara mandiri kemudian mengirimkan hasil liputannya kepada salah satu media untuk menyiarkannya. Wartawan yang disewa oleh media tetentu dan hanya dibayar sesuai dengan hasil liputannya yang disiarkan juga disebut reporter freelance.



48. Scripting

Serangkaian instruksi atau perintah untuk melakukan sesuatu yang ditulis dengan kode-kode tertentu. Berbeda dengan pemrograman, bahasa scripting dapat langsung dijalankan tanpa harus di compile kedalam object code, dan membutuhkan aplikasi lain, seperti web browser, untuk menampilkan hasiklnya.



49. EVDO

Evolution Data Optimized, biasanya dikenal dengan Evolution Data Only, disingkat dengan EBV-DO atau 1xEVDO, dan sering disebut dengan EVDO adalah tandar jaringan radio nirkabel yang banyak diadopsi banyak provider ponsel dengan teknologi CDMA.



50. Skype

Sebuah layanan aplikasi VoIP yang mengijinkan seseorang untuk berkomunikasi secara gratis melalui komputer, atau melakukan panggilan murah dari komputer ketelepon. Selain itu, Skype juga dapat difungsikan sebagai messenger, media konferensi, atau alat untuk berkirim file. Baru-baru ini Skype juga diintegrasikan keperangkat game genggam populer, Sonny PSP.



51. VoIP

Voice over Internet Protocol juga disewbut VoIP, IP Telephony, Internet telepon, dan Digital Phone,adalah teknologi yang memungkinkan percakapan jarak jauh [suara] melalui internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimnkan paket-paket data, bukan lewat sirkuit telepon biasa.

No comments:

Post a Comment