Thursday 31 May 2012

Tips Untuk Orang Kantor

orang kantor
Sa’at dikantor ada beberapa masalah yang muncul tiada terduga, baik karena kesalahan sendiri ketika sebelum berangkat kekantor berikut ini ada beberapa masalah yang berhubungan dengan kantor dan solusinya .



TIPS MEMILIH BAJU KERJA

Biasanya urusan memilih baju sering membuat seseorang terlambat. Inilah kiatnya, buatlah daftar baju apa yang akan anda kenakan minggu ini. Tempatkan/tempelkan daftar tersebut ditempat yang mudah dilihat. Setiap kali memasukkan baju bersih ke lemari, pasangkan atasan dan bawahan. taruh setelan tersebut berurutan sehingga anda mudah mengambilnya.

Kalau perlu sediakan lemari khusus baju kerja, jangan campur dengan baju lainnya.

Jangan sampai kesalahan terjadi mau kerja kok pakai bikini !!! susah dan kacauuww !!! tapi sexy sihh !!! wooow !



Menahan Marah-marah di Kantor :

Terkadang segala persoalan pribadi yang berada dirumah akan terbawa ketempat kerja, atau juga dengan banyaknya pekerjaan dan masalah pekerjaan dikantor bisa mengakibatkan timbul rasa marah karena stress akibat banyaknya persoalan-persoalan. Untuk menghindari agar marah tidak terbawa atau melupa dikantor berikut ini ada beberapa tips untuk meminimalisir keadaan tersebut :



1. Tahan reaksi

Jika merasa marah, tahan reaksi anda dengan menghitung 10 sampai 50 bila perlu, lalu kendalikan suasana hati anda. Mengalihkan perhatian pada orang lain, juga akan membantu anda menenangkan diri, Bila usaha ini berhasil, pujilah diri anda.



2. Bernafas Panjang

Ambil nafas panjang dan tahan selama beberapa lama, keluarkan. Belajarlah bernafas dari perut, bukan nafas dada. Cara ini akan memompa lebih banyak oksigen kesel darah yang akan membawanya keotak. Sehingga anda akan lebih mudah menganalisa masalah dan berfikir lebih obyektif.



3. Pergi dari tempat itu

Bila memungkinkan keluarlah dari ruangan itu, pergilah kekamar kecil, keluar kantor atau manapun yang memungkinkan anda sendirian.



4. Cari kegiatan fisik untuk melampiaskan kemarahan

Cobalah mengikuti berbagai kegiatan, misalnya berjalan santai, jogging, bowling, berenang, main tenis, fitneess atau alinnya. Cari tempat untuk menyendiri, misalnya berteriak dalam mobil atau menyumpah serapah sekuat tenaga dengan radio yang dibunyikan dengan keras agar tidak terdengar orang lain. Minum segelas air es pun bisa membuat kita lebih tenang.



5. Bicarakan pada teman,br.Luapkan perasaan dengan teman atau rekan kerja yang kita percayai sehingga kemarahan dan kecemasan yang kita rasakan bisa sedikit berekurang. Meski begitu hindari meminta pendapatnya untuk menilai sesuatu atau memihak anda.



6. Jangan cepat tersinggung dengan sikap memihak

Tidak perlu kesal dengan sikap menyebalkan yang dialkukan seseorang. Dilain fihak, jika memang terasa penting atau sikap diam hanya akan meningkatkan kemarahan dan mengganggu pikiran, jangan ragu untuk membela diri.



7. Jangan anggap serius

Jangan anggap serius atau dimasukkan kedalam hati, bila ada rekan kerja atau atasan anda yang mengatakan anda tidak adil, Bersikaplah untuk tidak mudah diprovokasi.



8. Hargai pandangan dan penilian berbeda

Banyak cara untuk memandang sesuatu masalah, sehingga bila berbicara tentang siapa yang benar dan siapa yang salah, batasannya jadi tipis. Jadi bila orang lain memandang berbeda, bukan berarti mereka salah.



9. Gunakan teknik menyetujui

Jika atasan mengkritik kinerja anda, jawablah : saya rasa anda benar, bagaimana yang seharusnya saya lakukan ? sehingga atasan anda akan fokus membahas kesalahan anda dan menjelaskan apa yang ia inginkan.



10. Berikan tanggapan positip

Konsentrasikan dengan apa yang bisa anda pelajari dari berbagai pengalaman ini. Tenangkan pikiran dan pikirkan apa yang ingin anda lakukan, pastikan apa yang anda raih dan waktu yang anda miliki.



11. Sadari reaksi anda

Jika kemarahan anda menjadi jadi dari yang seharusnya atau meledak pada sa’at yang tidak tepat, cobalah kenali permasalahan dan kontrol emosi anda segera ! godlucky !



Itulah beberapa tips menahan marah agar anda hidup tenang, selain itu ada ungkapan/pesan orang-orang dahulu “bila sedang marah berdiri, duduklah, jika masih marah berbaringlah/tidurlah, maka marah akan teredam dengan sendirinya”

No comments:

Post a Comment