Friday 4 May 2012

Daun Pandan untuk Makanan Sehat

Daun Pandan untuk Makanan Sehat


Pandan Hijau pewarna alternatif

Sa’at ini berbagai jenis makanan diindikasikan banyak mengandung zat pengawet sejenis formalin dan sebagainya, begitu pula dengan pewarna berbagai jenis kue dan minuman yang menggunakan pewarna kain yang banyak mengandung berbagai zat kimia yang membahayakan bagi kesehatan manusia, terutama anak-anak yang kurang mengerti dan jajan sembarangan. Makanan yang memakai pewarna yang tidak larut oleh air dan menempel diusus bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Untuk mencegah hal- hal tersebut berikut beberapa alternatif :



Pandan Hijau sebagai pewarna

Pandan hijau banyak dijumpai dan tumbuh ditempat-tempat yang banyak airnya, seperti ditepi sungai, kolam, rawa dan lain sebagainya. Dipekarangan rumahpun bisa tumbuh dengan subur. Pandan hijau yang banyak mengandung air hijau bisa digunakan sebagai pewarna kue sebagai peganti pewarna buatan, adapun tatacaranya adalah :

Ambil beberapa lembar daun pandan hijau secukupnya, cuci dengan air lalau dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga halus, setelah itu beri sedikit air dan peras dan saring airnya hingga warna hijaunya daun sudah tidak ada. Gunakan air pandan hijau yang berwarna hijau tersebut untuk pewarna berbagai jenis kue dan masakan.



Pandan Wangi

Selain pandan hijau adapula pandan jenis lainnya yaitu pandan wangi. Berbeda dengan pandan hijau yang daunnya kecil dan pohonnya tunggal, pandan wangi daunnya lebar besar dan rimbun serta ditepi daunnya ada duri-duri lunak. Pandan wangi biasa diguanakan sebagai kerajinan

No comments:

Post a Comment