Friday 18 May 2012

Panduan Berinternet Pemula

internet pemula
Internet mulai merambah berbagai kalangan, terkadang banyak sekali para pelajar yang belum mengerti tata cara browsing, berikut ini Raja Jempol, Rajanya Jempoler memberikan sedikit langkah-langkah awal browsing..



Langkah-langkah Browsing



Browsing adalah istilah yang digunakan untuk menjelajah internet atau web. Web tidak hanya menampilkan teks saja namun juga gambar sehingga kita bisa betah memelototi layar monitor bahkan rela sampai berjam-jam.

Namun jika kita tidak memperhitungkan rencana web mana yang akan kita kunjungi, maka kita akan masuk pada web-web yang kurang bermanfa’at. Alhasil kita akan tersesat kedalam dunia maya tanpa informasi yang jelas dan tentunya merupakan tindakan pemborosan, baik biaya maupun waktu.



Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan browsing :

1. Klik double pada icon internet explorer, firefox, opera dan browser lain-lain, atau pilih “start”dan klik icon internet explorer, firefox, opera [browser].

2. Internet explorer, firefox, opera akan aktif. Pastikan nama situs yang akan kita kunjungi, misalnya www fungames com yang merupakan situs game gratis.

3. Ketikan nama situs tersebut www.raja-jempol.blogspot.com pada kolom address.

4. Tekan “Enter”atau klik tombol dengan mouse.

5. Tunggu beberapa sa’at hingga tampil keseluruhan, selesai dan tertulis “Done”distatus bar. Browser akan menampilkan isi situs fungames.

6. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara : klik “File” pada menu, klik “New” dan klik “Window”atau dengan menekan tombol “Ctrl+N”.

7. Jika sudah selesai browser ditutup dengan cara mengklik “Close”pada menu files.



Menyimpan Web Page

Untuk menyimpan data situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara :

1. Simpan ke hard disk dengan menklik “file”, “save as”, dan pilih folder untuk penyimpanan. Save dan anda bisa membukanya kembali dirumah/rental sesuai dengan gambar web aslinya [formatnya berextension html].

2. Bila anda hanya membutuhkan teksnya saja dan imagenya tidak perlu karena file gambar/full sangat besar maka caranya : Highlight [sorot] textnya copy [CTRL+C] dan pastekan [CTRL+P] di MS Word, kemudian save melalui program MS Word.

3. Bila anda seorang programer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tersebut anda dapat melakukan : Klik kanan teks tersebut, akan muncul menu “pop up”buka kode htmlnya dengan klik “View Source”, source code akan muncul pada Notepad, kemudian simpan filenya, dengan klik “file save”pada file name ganti extension file “txt”dengan “htm”.



Search Engine

Search engine adalah salah satu fasilitas yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya seabrek halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disewrtai dengan keterangan singkat.

Langkah-langkah mengaktifkan dan menggunakan serach engine Google :

1. Buka browser [internet explorer, firefox, opera] dan ketikkan alamat www google com.

2. Pada kolom ketikkan kata kunci informasi yang hendak dicari.

3. Tekan “Enter”atau klik tombol mesin cari google [Google Search].

4. Situs search engine tersebut akan menampilkan link situs yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan.

5. Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara menggerakkan kursor/mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah menjadi gambar tangan pada text atau gambar tertentu, itu menadakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik teks/gambar tersebut maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang diklik.

6. Apakah halaman web yang yang terbuka menyajikan informasi yang dicari ? bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi kehalaman sebelumnya dengan klik icon

No comments:

Post a Comment