Friday 25 May 2012

Kamus Komputer Bagian 8

kamus komputer 8
Berikut ini adalah beberapa kata-kata sulit dan penjelasannya tentang ilmu komputer TIK.



Freware

Software yang didistribusikan secara gratis atau Cuma-Cuma. Setiap orang dapat menggunakan, dan mendistribusikannya kembali software ini. Biasanya freware bersifat proprietary atau bukan open source sehingga tidak didistribiusikan dengan source codenya.



Javascript

Bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis. Java-script memilki kemampuan berinteraksi dengan kode HTML, dan dapat mengubah konten sebuah halaman web. Walaupun mengadopsi fitur dan keseluruhan struktur bahasa Java, Java-script dikembangkan sendiri secara terpisah. Javascript bersifat open language, yang berarti dapat digunakan oleh siapapun, tanpa harus membayar lisensi.



Malware

Singkatan dari Malicious software. Program komputer yang diciptakan untuk mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.



Ajax

Asynchronous Javascript and XML. Teknik pengembangan web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adalah membuat halaman web terasa lebih reponsif melalui pertukaran sejumlah kecil data dengan server dibelakang layar sehingga seluruh halaman web tidak perlu direload setiap kali pengguna membuat perubahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaktifvitas, kecepatan dan kegunaan halaman web.



RIA

Rich Internet Application, aplikasi berbasis web yang memiliki fitur dan fungsionalitas yang sama dengan aplikasi dekstop biasa. Dalam konsep RIA, interface aplikasi dapat diakses pengguna melalui web browser, tetapi data-data yang dikerjakan dengan aplikasi ini tetap tersimpan diserver. Singkatnya, operating system menjalankan web browser, kemudian web browser menjalankan aplikasi berbasis web application.



BitTorrent

Adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan sebuah dokumen ke pengguna yang lainnya melalui internet. Program ini dikembangkan oleh Bram Cohen dengan menggunakan bahasa Python dan diperkenalkan pada konferensi CodeCon pada tahun 2002.



Java

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Microsystems.



Fireware

Merupakan nama merek Apple Inc untuk Interface IEEE 1394. Fireware merupakan serial bus interface standard, untuk high speed communications dan isochronous real-time data transfer, yang biasanya diguanakan dalam sebuah PC dan digital audio/digital video. Kebanyakan perangkat digital camcorder sudah menyatakan interface ini, untuk menpercepat transfer data ke PC.



ITALC

Intelligent Teaching And Learning with Computer, merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh para guru untuk penyampaian diktat pelajaran. Aplikasi ini didesain untuk penggunaan disekolah. ITALC juga menawarkan banyak fungsionalitas untuk pengajaran seperti dapat melihat penggunaan suatu komputer melalui overview mode, menampilkan demo pembelajaran, melakukan lock suatu PC dan sebagainya.



ASIC

Aplication Specific Integrated Chip, adalah chip yang didesain secara khusus untuk fungsi tertentu saja. Chip ASIC ini dapat digunakan untuk menggantikan logic-chip general purpose standard, karena dapat menekan biaya produksi juga akan menyerderhanakan desain PCB.



Core

Bagian inti dari suatu CPU yang terbentuk dari berbagai macam komponen elektronik seperti transistor, dioda, capasitor yang terbuat dari serat solicon.



FLOPS

Floating-point Operation per Second, adalah satuan yang menyatakan kemampuan sebuah processor dalam melakukan pengolahan data floating-point untuk suatu waktu tertentu.



FPU

Floating Point Unit, adalah unit yang berada didalam sebuah processor yang berfungsi mengolah floating-point.



HTPC

Home Theater Personal Computer, adalah istilah yang dikenakan kepada komputer yang memilki seluruh fungsi multimedia yang ada sampai saat ini.



JEDEC

Suatau badan yang menetukan spesifikasi resmi dari memory untuk desain, fitur maupun operasionalnya.



Latency

Adalah waktu tunda [delay] yang dibutuhkan untuk mendapatkan data di memory, dimulai sa’at CPU request hingga CPU retrieve.



KDE Women

Komunitas yang dibuat untuk para pengguna dan kontributor perempuan untuk KDE. Pada situsnya, dapat dilihat project yang dibuat oleh developer perempuan, dokumentasi, review, bantuan untuk pemula dan lain-lain.



LTS

Long Term Support , merupakan suatu layanan yang terdapat pada suatu aplikasi, dimana software tersebut diberikan layanan pada jangka waktu yang lama, sesuai dengan lamanya waktu yang diberikan oleh pembuat software



BLUETOOTH

Teknologi komukasi tanpa data [wireless] yang beroperasi dalam pita frekwensi 2,4 GHZ unlicensed ISM [Industrial Scientific and Medical], dengan menggunakan sebuah frekwensi hopping tranciever yang mampu menyediakan layanan komunikasi data, dan suara secara real timew antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth sendiri dapat berupa card yang dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network [WLAN], dimana menggunakan frekwensi radio standar IEEE802.11. Hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.



A2DP

Kepanjangan dari Advanced Audio Distribution Profile. Sebuah profile bluetooth yang digunakan untuk streaming audio, seperti menjalankan file-file musik dari ponsel, dan mendengarkannya pada headphone wireless. Bila dibandingkan dengan headshet atau handsfree, A2DP sudah mendukung stereo satu arah ketimbang menggunakan sistem dua arah.



Divx

Adalah sebuah video codec yang diciptakan oleh DivX, Inc yang menjadi terkenal karena dapat mengompresi video menjadi ukuran kecil dengan kwalitas relatif baik. DivX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 part 2. Karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhak cipta, DivX menjadi kontroversial. Sa’at ini banyak DVD player dipasaran yang dapat memainkan film DivX.



FLAC

Adalah kepanjangan dari Free Loseless Audio Codec, suatu format kompresi audio yang populer. Tidak seperti format kompresi audio seperti Ogg Vorbis, MP3, dan AAC, FLAC tidak menghilangkan informasi dari steam audio dan sangat cocok untuk diputar berulang-ulang serta untuk mengumpulkan koleksi audio. Format FLAC didukung penuh oleh banyak aplikasi software audio. Pada januari 2003, Xiphophorus [sekarang dikenal dengan nama Xiph. Org Foundation] mengumumkan kerja sama FLAC menjadi satu atap dengan Ogg, Vorbis, Theora, Speex dan lain-lain.



Blu-ray Disc

Adalah format baru yang menggunakan laser blue-violet untuk membaca, dan menulis data di disc. Blue-ray Disc dapat menyimpan data perkapasitas layer sebesar 25 GB. Standar Blu-ray Disc dikembangkan oleh kelompok konsumen elektronik, dan perusahaan komputer yang disebut Blu-ray Disc Association [BDA]



DPOF

Atau Digital Print Order Format adalah sebuah format yang membuat para pengguna kamera digital mencetak langsung dari memory card ke printer, sekaligus memilih foto apa saja yang akan dicetak. Foto yang dicetak sudah termasuk informasi, seperti ukuran kertas, judul foto, image orientation, informasi kontak, dan masih banyak lagi.



HDV

Atau High Definition Video adalah sebuah format video yang didesain untuk merekam format video HDTV yang telah dikompresi pada standar media DV [DV atau MiniDV]. Format HDV dikembangkan oleh victor Company of Japan, Limited [JVC] dan Suny. Format ini didukung oleh tiga perusahaan besar lainnya : Canon Inc, Sharp Corporation, dan Sony Corporation.



RGB

Adalah additive model red, green, dan blue yang digabungkan untuk memproduksi warna-warna lain. Tiga warna ini tidak boleh tertukar dengan primary pigments, yaitu red, blue dan yellow atau lebih dikenal dengan primary colors.



Biometric

Dalam dunia TI, biometric adalah teknologi yang mengukur dan menganalisa fisik manusia dan karakteristiknya untuk tujuan otentikasi. Contoh karakteristik adalah sidik jari, retina mata, pola wajah dan suara.



Hot swapped

Atau hot plugging adalah kemampuan untuk memasang dan melepas komponen pada komputer tanpa harus me-restart komputer. Salah satu contohnya adalah perangkat berbasis USB.



Microdrive

Merk untuk harddisk 1 inci yang dirancang untuk muat dalam slot Com[act Flash Type II. Meski muat dislot CF Type II, Microdrive memakan daya lebih banyak ketimbang CF. Karena itu Microdrive tidak dapat dipakai diperangkat yang berdaya rendah. Microdrive awalnya dikembangkan oleh IBM, tapi semenjak tahun 2003, divisi hard drive IBM dibeli oleh Hitachi yang kemudian namanya diganti menjadi Hitachi Microdrives.



SDHC

Singkatan dari Secure Digital High Capacity. Jenis SD card yang memilki form factor sama dengan SD card biasa. Sesuai namanya, SDHC sanggup menampung data 4 GB sampai 32 GB. Namun standar yang dipakai adalah SD 2.0, dimana ada perbedaan dimetode pengalamatan memorynya sehingga perangkat yang belum mendukung standar 2.0 akan mengalami kegagalan dalam mengenali memory ini.



Elven

Suatu kata yang merujuk pada suatu hal yang berhubungan dengan elves atau hal yang terkait dengan kelompok elves. Elves atau elf sendiri merupakan makhluk kecil dari mitologi Jerman yang hidup pada kawasan hutan dan kawasan bawah tanah lainnya seperti bukit maupun daerah yang teduh. Beberap game dan film, mitologi sering menampilkan karakter ini dalam bagian ceritanya.



First Person Shooter

First-person shooter atau yang biasa disingkat dengan fps, merupakan action video game dari jenis game tembakan. Seperti layaknya seorang penembak, mereka akan memainkan seorang tokoh, dengan satu atau lebih persenjataan, dan melawan beberapa jenis musuh. Untuk gameplay jenis game fps, kebanyakan para tokoh hanya berjalan dan bersiap menembak musuh, sambil mencari item yang tersembunyi pada suatu tempat.



Penumbra: Overture

Merupakan judul dari seri episode game PC yang dibuat oleh developer game Frictional Games. Game penumbra berjenis Adventure horror game, yang membuat suasana terasa mencekam selama permainan. Menurut rencana, episode game penmubra akan dibuat menjadi trilogi game.



Barcode

Barcode merupakan cara yang cepat, mudah dan akurat untuk memasukkan dan mengambil data. Barcode berisi nomor refensi yang akan menghubungkan data yang bersangkutan kefile komputer. Barcode digunakan untuk membaca code tertentru sehingga proses penginisialisasian suatu barang menjadi nudah dan cepat. Contoh yang paling sering ditemui dalam pemanfa’atan barcode adalah pada pasar swalayan atau supermarket. Sa’at ini teknologi barcode telah diadopsi oleh banyak instansi guna memudahkan kerja mereka.



Colocation

Salah satu cara menyediakan server dengan menyimpan server milik kita ditempat yang menyediakan koneksi internet. Cara ini biasanya digunakan apabila pemilik server ingin memiliki kendali penuh terhadap sumberdaya perangkat keras yang dimiliki, dan tidak ingin berbagi mesin dengan pelanggan lainnya. Alasan kemanan dan kemungkinan pemakaian aplikasi atau layanan khusus biasanya dijadikan pertimbangan pemakaian colocation.



DVR

Alat untuk memonitor dan merekam kamera CCTV secara real-time, serta dapat merekam 4 kamera sekaligus secara bersamaan. Alat ini berupa card PCI yang dipasangkan pada komputer. Hasil rekamannya akan disimpan kedalam harddisk dengan kompresi file rekam yang kecil namun berkualitas tinggi. Metode perekaman juga dapat diatur berdasarkan sensor gerak. Disamping fungsi rekam, alat ini juga memiliki fitur remote viewing, diamana kita dapat memonitor kamera CCTV darimanapun kita berada dengan menggunakan line telepon [PSTN] atupun melalui LAN dan jaringan internet [komputer yang dipasang DVR card ini akan berfungsi sebagai web server].



URL

Uniform Resource Locator, alamat standar dan menunjukkan lokasi sebuah dokumen diinternet. Misalnya URL untuk file gambar yang ditampilkan pada halaman sebuah website adalah http://bopmyspace.com/welcome/images/bwel1305.gif . URL pertama kali diperkenalkan oleh tim Berners Lee untuk digunakan pada WWW. Format URL secara detail dideskripsikan pada standar Internet RFC 3986.



XHTML

Extensible Hyper Text Markup Language. Generasi berikutnya dari HTML, yang merupakan hasil perkawinan silang [hibryd] antara HTML dengan XML. XML didesain untuk mendeskripsikan data, sementara HTML didesain untuk menampilkan data. XHTML memiliki aturan penulisan yang lebih ketat daripada HTML. Tidak semua web browser telah mendukung XML, oleh karena itu, HTML menyediakan sebuah solusi penengah [internediary solution] yang dapat diinterpretasikan oleh web browser XML dan HTML.



XML

Extensible Markup Language. Format universal untuk dokument terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomendasiakn oleh W3C. Sebagai bahasa yang terbuka untuk merepresentasikan data, XML menjadi bahasa yang digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. Berbeda dengan HTML, XML ditujukan semata-mata untuk merepresentasikan data dan tidak berisi perintah bagaimana data tersebut ditampilkan.



XSLT

Extensible Stylesheet Language Tranformations. Bahasa berbasis XML untuk transformasi dokumen XML. Walaupun proses merujuk pada transformasi, dokumen asli tidak berubah melainkan dokument XML baru dibuat dengan isi dokumen yang sudah ada. XSLT biasanya digunakan untuk merubah skema XML kehalaman web atau dokumen PDF.



Self-Publishing

Penerbitan buku dan media lainnya yang dilakukan sendiri oleh penulis karya yang bersangkutan, dan tidak menggunakan jasa penerbit pihak ketiga. Sa, at ini trend self-publishing tengah berkembang ditanah air. Hal ini disebabkan dengan semakin mudah dan menjamurnya aplikasi dekstop publishing, dan semakin murahnya biaya pencetakan. Selain itu keberadaan internet telah membuka jalur bagi penulis untuk memasarkan karyanya lengsung kepada pembaca tanpa melalui distributor, pengecer atau toko buku.



Template

Desain dari model-model tampilan sebuah aplikasi. Template blog misalnya, adalah desain model tampilan blog yang menjadi user interface antara konten blog dengan pembacanya. Beberapa aplikasi blog open source memberikan kelulasaan bagai para penggunanya untuk memodifikasi tampilan blog dengan template yang dibuat oleh fihak ketiga.



Video streaming

Teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”alias terus-menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client melalui jaringan packet-based semisal internet. File tersebut berupa serangkaian paket time-stamped yang disebut stream.

No comments:

Post a Comment