Monday 7 May 2012

Tips Agar Otak Sehat

Tips Agar Otak Sehat


Bagaimana AGAR OTAK TETAP SEHAT hingga tua ? otak merupakan alat paling vital bagi manusia. Tanpa otak maka manusia tidak dapat melakukan apa-apa.

Untuk itu kita perlu mengetahui hal-hal yang bisa mengakibatkan kerusakan otak karena ulah kita sendiri.



OTAK merupakan organ yg sangat penting,terutama dlm kemampuan kognitif. Dampak buruk pd org yg jarang menggunakan kemampuan berpikir adl penurunan secara drastis kemampuan berpikir saat usia sdh menapak tua akbt proses degenerasi,mak a untuk menjaga kesehatan otak perlu untuk menghindari 4 hal berikut :



1.Hindari minum alkohol, merokok, menggunakan narkoba atau zat adiktif lain. Zat yang terkandung dalam alkhohol, rokok, narkoba cenderung membuat pemakainya menjadi kecanduan. Bahkan banyak kasus karena kecanduan narkoba seseorang bisa terkena gangguan jiwa permanen.

2. Merasa malas pergi kedokter jika mengalami masalah mental, misalnya depresi atau masalah lainnya. Jika tidak mendapatkan penanganan yg memadai, kondisi kejiwaan... pada akhirnya akan berpengaruh pada otak.

3. Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif misalnya lupa dg tanggal lahir pasangan, lupa menaruh kunci, tidak dapat menyelesaikan perhitungan matematika sederhana, dan gangguan lainnya.Lakukan latihan untuk ...mengingat hal-hal kecil tsb, dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu dapat membantu merangsang otak.

4. Mengurung diri di dalam rumah dan tidak bersosialisasi dg org lain jg dapat membawa akibat buruk bagi otak. Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja.



Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan agar Otak kita tetap sehat semoga bermanfa'at.

No comments:

Post a Comment