Thursday 24 May 2012

Trik MS EXCELL

ms excel
Bagi yang bergelut dibidang penulisan data-data akuntansi dan lain sebagainya yang menggunakan MS EXCELL, terkadang mengalami kendala atau terlalu rumit untuk menuliskan format tertentu, Raja Jempol mencoba sedikit share bagaimana Memanfa’atkan keyboard Shortcuts MS EXCELL, untuk mempermudah dan mempercepat kerja

Dengan memanfa’atkan keyboard shortcuts selain dapat mempercepat kerja dapat juga digunakan untuk mempermudah kerja. Keyboard shortcuts dilakukan dengan menekan kombinasi tombol keyboard untuk menggantikan peran mouse dalam melakukan perintah. Adapun beberapa keyboard shortcuts yang dapat digunakan dalam MS Excel adalah sebagai berikut :



1. Untuk membuka sebuah file, jika menggunakan mouse, maka kita harus mengklik menu file kemudian klik open. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “CTRL+O”.



2. Untuk membuat file baru, jika menggunakan mouse, maka kita harus mengklik menu file kemudian klik new. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “CTRL+N”.



3. Untuk menyimpan sebuah file dengan nama dan tempat yang berbeda, jika menggunakan mouse, maka kita harus mengklik menu file kemudian klik Save as. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “F12”.



4. Untuki menyimpan sebuah file, jika menggunakan mouse, maka kita harus mengklik menu file kemudian klik Save. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “CTRL+S”



5. Untuk mencetak dokumen, jika menggunakan mouse, maka kita harus men

menu file kemudian klik Print. Perintah ini dapat difantikan dengan menekan tombol “CTRL+P”



6. Untuk mencari huruf atau kata pada sebuah paragrap, jika menggunakan mouse

maka kita harus mengklik menu edit kemudian klik Find. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “CTRL+F”



7. Untuk mengganti huruf atau kata pada sebuah paragrap, jika menggunakan mouse kita harus mengklik menu edit kemudian klik Replace. Perintah ini dapat digantikan dengan menekan tombol “CTRL+H”



Untuk memudahkan dalam menghafal keyboard shortcuts tersebut diatas maka dapat diperjelas dengan tabel dibawah ini :










PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Membuka FileCTRL+O
Membuat File BaruCTRL+N
Menyimpan FileF12
Menyimpan FileCTRL+S
Mencetak DokumenCTRL+P
Mencari Kata atau HurufCTRL+F
Mengganti Kata atau HurufCTRL+H




8. Keyboard shortcuts untuk menandai cell dengan blok. Untuk menandai sell dengan blok jika kita menggunakan mouse, maka kita harus menekan sambil menggerakkan mouse pada sel yang kita kehendaki. Namun dengan keyboard shortcuts proses menandai sel ini dapat dilakukan dengan cepat. Adapun shortcuts untuk menandai sel dirangkum dalam tabel yang tampak dibawah ini :








PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Membuat Blok Kiri Cell AktifSHIFT+left arrow
Membuat Blok Kanan Cell AktifSHIFT+right arrow
Membuat Blok KolomCTRL+Spacebar
Membuat Blok BarisSHIFT+Spacebar
Membuat Blok WorksheetCTRL+A




9. Untuk memilih teks style sering kita memanfa’atkan toolbar foramating dengan cara menekan pada huruf “B”untuk pilih bold, “I”untuk pilihan italic dan “U”untuk pilihan underline/garis bawah. Perintah perintah ini dapat digantikan dengan tombol Shortcuts yang seperti dibawah ini :






PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Memilih Teks Style BoldCTRL+B
Memilih Teks Style ItalicsCTRL+I
Memilih Teks Style UnderlineCTRL+U




10. Untuk menggerakkan atau memindahkan kursor biasanya kita menggunakan atau menggeser mouse pada cell yang dikehendaki. Perintah ini dapat digantikan dengan tombol yang seperti ditable dibawah ini :











PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Satu Cell keatasTanda Panah Atas
Satu Cell KebawahTanda Panah Bawah
Satu Cell ke kananTab
Satu Cell kekiriShift+Tab
Menuju Cell A1CTRL+Home
Menuju Cell akhir dataCTRL+End
Menuju akhir barisHome
Menuju Akhir KolomCTRL+Tanda panah kanan
Menuju worksheet berikutnyaCTRL+PageDown




11. Untuk menjumlah beberapa cell baik dalam satu baris maupun dalam satu kolom, biasanya diawali dengan menekan toolsbar Autosum yang bertanda sigma. Selanjutnya menggerakkan mouse pada cell yang akan dijumlah dan diakhiri dengan enter. Dapat juga dilakukan dengan mengetikkan tanda sama dengan diikuti kata SUM, tanda awal kurung, menentukkan cell yang akan dijumlah, tanda kurung tutup dan diakhiri dengan menekan tombol enter. Perintah tersebut dapat dipercepat dengan menggunakan tombol-tombol seperti yang dibawah ini :








PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Menjumlah otomatisALT+=
Memunculkan tanggalCTRL+;
Memunculkan waktuCTRL+:
SpellingF7
HelpF1
MacrosALT+F8




12. Jika setting tanggal bulan dan tahun pada komputer anda sudah benar Jika format tanggal tidak aktif pada layar monitor, maka format tanggal. Bulan danm tahun tersebut dapat dapat dimunculkan pada cell dengan menekan tombol “CTRL+;. Sedang untuk menampilkan jam, tekan tombol CTRL+SHIFT+: seperti tampak pada tabel diatas.



13. Keyboard shortcuts untuk mengedit cell aktif, format angka dua desimal, format persen tanpa desimal, memotong data cell, menyalin data [copy], menempel data [paste], membatalkan perintah terakhir [undo], mengulangi perintah terakhir [redo], format cell dialog box Terangkum pada tabel dibawah ini :











PERINTAHTOMBOL KEYBOARD
Mengedit Cell aktifF2
Format angka dua desimalSHIFT+CTRL+$
Format persen tanpa decimalSHIFT+CTRL+%
Memotong data cell CTRL+X
Menyalin data [copy]CTRL+C
Menempel data [paste]CTRL+V
Membatalkan perintah terakhir [undo]CTRL+Z
Mengulangi perintah terakhir [redo]CTRL+Y
Format cell dialog boxCTRL+1




Untuk keyboard shortcuts yang tidak disajikan disini, silakan mencoba dan mengutak atik sendiri sehingga menemukan tombol baru untuk menyingkat kinerja anda pada MS EXCELL, selamat mencoba semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment