Friday 4 May 2012

Manfa'at Buah Blimbing

buah blimbing


Tanaman blimbing banyak ditanam dihalaman dan pekarangan rumah. Ada dua jenis blimbing yaitu blimbing buah dan blimbing wuluh. Blimbing buah yang biasa dikionsumsi buahnya dan terkadang sebagai rujak, blimbing wuluh biasanya dipakai untuk bumbu sayur asem. Berikut ini pemanafa’atan kedua jenis blimbing tersebut :



Blimbing Buah

Pohonnya kecil berbatang keras dengan tinggi 5-12 M, ini berasal dari Jawa dan Kalimantan. Banyak ditanam dipekarangan, halaman rumah sebagai tanaman buah dan sebagai peneduh halaman. Daunnya bersirip ganjil dengan warna kekuningan sampai hijau muda. Bunganya kecil dalam untaian yang berwarna putih kemerahan. Buahnya seperti buni, bualt panjang sekitar 4-13 cm, dengan 5 rusuk yang tajam dengan kulit buah yang tipis, warnanya kuning muda dan banyak mengandung air.



Manfa’at blimbing buah

Menurunkan tekanan darah tinggi, dengan cara menkonsumsi buah blimbing yang sudah masak 2 kali sehari sebanyak 2 atau 3 buah.

Menghilangkan panu pada kulit, dengan cara ambil dua buah blimbing dan tumbuk halus, lumaskan sambil digosok-gosok pada bagian kulit yang berpanu.



Blimbing Wuluh

Berbeda dengan blimbing buah, blimbing wuluh buahnya lebih kecil dan tidak berusuk, serta kulitnya lebih tipis dan lunak. Biasanya blimbing wuluh digunakan untuk bumbu sayur asam, atau juga bumbu untuk pepes ikan air laut atau ikan air tawar. Bunga blimbing wuluh dapat juga digunakan untuk mengobati batuk serak pada orang dewasa dan anak-anak.

Adapun tata caranya adalah sebagai berikut :

Untuk orang dewasa, ambil beberapa bunga blimbing wuluh secukupnya kemudian cuci dan kunyah bersama garam secukupnya, lakukan hingga batuk serak hilang, minimal 2kali sehari.

Untuk anak-anak, ambil bunga blimbing wuluh secukupnya cuci, kemudian rebus dengan air hingga mendidih, tiriskan dan saring, ambil airnya untuk diminum, lakukan 2 kali sehari sampai batuk serak hilang.



Selain itu blimbing wuluh juga bisa digunakan untuk menghilangkan/mengurangi bau amis ikan, untuk menghilangkan noda lemak pada piring dan tempat makanan. Blimbing wuluh terkadang dipakai orang-orang yang gemar mengoleksi benda-benda kuno seperti koin, cincin, dan sejenis benda dari logam lainnya, mereka gunakan blimbing wuluh untuk menghilangkan noda dan membuat benda benda tersebut menjadi mengkilat kembali.

No comments:

Post a Comment