Friday 18 May 2012

TIPS DAPUR IBU

dapur ibu
Ibu suka memasak? Terkadang ada beberapa hal yang mengganggunga dari mulai bahan-bahan makanan, alat-alat dapur dan lain-lain, berikut ini Raja Jempol share beberapa tips permasalahan yang sering timbul didapur



USIR BAU DENGAN KUNYIT

Meski rasanya tak kalah dengan sapi atau ayam, kambing jarang digunakan dalam hidangan sehari-hari. alasannya, daging kambing terlalu liat dan berbau lebus. bau kas kambing inilah yang menyebabkan banyak orang enggan menyantap kambing. Padahal, bau itu bisa disiasati. adapun caranya sebagai berikut :

@Kunyit dan jahe merupakan penghilang bau yang ampuh. Caranya,campurkan sedikit kunyit pada bumbu anda. dengan itu bau lebus akan berkurang.



AGAR DAGING EMPUK @Bisa pula menggunakan daun pepaya. Bungkus daging yang akan digunakan dengan daun pepaya

@Untuk mengempukkan daging kambing, anda bisa menempuh cara yang sama dengan mengempukkkan daging sapi. bungkus daging dengan daun pepaya atau gunakan juice nanas (jika tak ada bisa diganti dengan parutan nanas). atau, jika anda tidak ingin repot, gunakan food tenderizer yang biasa dijual di supermarket.

@Cara lain, potong daging melawan serat, sehingga daging menjadi lunak dan mudah dimakan.

Teknik memasak juga bisa membuat daging jadi lebih empuk. caranya, masak dengan api sedang.

Yang terakhir, jangan memasak kambing segera setelah disembelih. sebab, daging cenderung lebih liat jika lansung dimasak. sebaiknya, layukan daging terlebih dulu dengan cara memasukkannya dalam lemari ES.



USIR BAU DENGAN AIR HANGAT

Aneka peralatan dapur dari bahan plastik kian tampak tampil menarik. sayang, meski piranti iniawet, salah satu kelemahannya adalah bau plastik melekat kuat ketika digunakan. Juga apabila terkena noda, sulit hilang. untuk mengatasinya :

-Peralatan yang baru lansung dicuci bersih dengan sabun pencuci piring.

-Setelah dicuci, bilas dengan air hangat, ini fungsinya untuk menghilangkan bau plastik yang kerap ada diperalatan tersebut.

-tiriskan.

-Langkah terakhir, keringkan dengan lap kering. bila tidak, akan timbul noda-noda bekas tetesan air yang akan merusak keindahan peralatan plastik.



HAPUS NODA ALAT DAPUR

Noda mengurangi kecantikan peraltan dapur, sayang kita kerap kali tak bisa menghindarinya. berikut cara membersihkan noda berbagai peralatan dapur :

*Agar cangkir bersih dari noda kopi dan teh, masukkan sedikit abu gosok yang telah ditambah sedikit air. kemudian, gosok dengan sikat gigi bekas sampai semua kotoran menghilang, cuci seperti biasa.

*Cara lain untuk menghilangkan noda teh dan kopi pada cangkir adalah dengan menggosok noda tersebut dengan hati nanas (bagian tengah buah nanas)

*Panci yang berlemak bisa dibersihkan dengan menggunakan sisa sisa kopi.

*Tuangkan sedikit air pada wajan yang berkerak lalu masak seperti anda memasak air. selagi diatas kompor, cungkil kerak dengan menggunakan sendok kayu/spatula kayu. Alhasil, kerak akan terlepas dan wajan anda/bersih kembali.

*barang-barang melamin yang berwarna putih biasanya akan berwarna coklat kusam bila sering digunakan. untuk membersihkannya, larutkan sedikit pemutih baju pada air. Kemudian, rendam barang melamin tersebut pada larutan pemutih (pemutih yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya). Setelah itu, cuci seperti biasa.

Untuk menghilangkan bau amis pada penggorengan. anda bisa menggunakan air bekas cucian beras yang pertama kali.

caranya,tuangkan air pencuci beras pada penggorengan yang amis, lalu cuci seperti biasa.



TIPS MEREBUS TELUR

Untuk menghasilkan telur rebus yang bagus dan halus permukaannya, sebaiknya anda rendam dulu telur dalam air dingin, atau gosok kulit telur menggunakan lap basah.

Bila telur yang akan direbus retak kulitnya, gosokkan irisan jeruk lemon pada bagian kulit telur yang retak.

Cara ini akan membuat putih telur tidak akan merembes keluar saat anda merebusnya.



DIINJAK-INJAK AGAR KENYAL

Udon, mie paling populer dijepang, cara pembuatannya sangat unik. ingin tahu prosesnya, berikut :

-Bahannya sederhana saja, tepung terigu dan air garam, 1 kg terigu biasanya menghasilkan 1,5 kg udon. Kemudian kedua bahan tersebut dicampur hingga rata menggunakan tangan.

-Kemudian, campuran tersebut diinjak-injak menggunakan kaki selama satu jam hingga kenyal. Tentu saja kaki yang digunakan untuk menginjak-injak harus bersih dan dibungkus kaus kaki. Penginjakan ini bertujuan agar udon kenyal. sebab, jika menggunakan tangan, powernya tidak cukup.

-Lalu, lipat-lipat adonan untuk memudahkan pencampuran.

-Setelah itu, adonan ditutup dengan kain basah atau plastik selama setengah jam.

-Kemudian, adonan digiling menggunakan gilingan kayu sampai mencapai ketebalan yang diinginkan. sekedar informasi, udon yang disajikan pada waktu musim hujan lebih tebal daripada udon yang disajikan pada musim kemarau.

-Setelah itu, adonan dipotong menggunakan pisau khusus untuk membuat mie.

-Sekarang udon dibuat dengan menggunakan mesin. namun, di jepang, masih ada yang menggunakan cara tradisional untuk membuat udon.



PILIH YANG MUDA DAN GEMUK

Ingin masak kambing guling tetapi hasilnya tidak memuaskan, berikut resepnya :

-Pilih kambing yang muda dan gemuk. Sebab, jika anda menggunakan kambing kurus, daging akan melekat pada tulang. dan, jika kambing tua yang digunakan, proses pengempukannya ahirnya memakan waktu lama.

-Buat bumbu dari campuran jahe, bawang merah dan bawang putih, kecap, serta mentega. Oleskan bumbu yang telah dicampur mentega pada daging. lalu, tusuk-tusuk dengan garpu agar bumbu meresap. biarkan selama setengah sampai satu jam.

-Kemudian, tusuk kambing dari leher sampai kepaha dengan pipa. Lalu, gulingkan-sambil diputar-diatas bara. jangan lupa, seraya digulingkan, oleskan bumbu pada permukaan daging.

-Untuk mengetahui apakah kambing sudah bisa dimakan, ambil secuil daging pahanya. Jika daging masih merah, berarti kambing harus diguling lagi.

-Jaga jangan sampai terlalu masak. cukup 80% matang. Sebab, jika terlalu matang, rasa khas kambing akan hilang.



DAGING STEAK EMPUK

Untuk emndapatkan daging steak yang empuk, ada rahasianya. Berikut kiat-kiatnya :

-Pilih daging steak yang kondisinya masih baik

-Kalau mengiingankan cara yang praktis, anda bisa melumuri daging steak dengan enzim pepaya, dibeli disupermarket terdekat.

-Bila mengiinginkan cara yang tradisional, anda dapat melumuri daging steak dengan daun pepaya muda yang telah dihaluskan selama semalam. dipilih daun pepaya yang muda karena banyak mengandung getah yang berfungsi mengempukkan daging. Daging yang telah dilumuri daun pepaya dapat disimpan dilemari ES.

Setelah itu, bersihkan daging dengan air hingga bekas getah dari daun pepaya hilang. pencucian yang tidak bersih akan mempengaruhi aroma ataupun rasa daging.

-Cara pemotongan juga berpengaruh pada keempukkan daging. Bila pemotongan searah dengan serat daging maka daging tersebut akan lama empuknya. Sebaiknya dipotong berlawanan dengan serat daging kaena itu akan mempercepat proses pengempukkan daging.

-Setelah daging dipotomg, langsung dapat dimasukkan kebumbu tanpa harus direbus terlebih dulu. Sebab, jika direbus gizi yang terdapat pada daging akan keluar bersama air.



HINDARI BAHAN BEKU

Peralatan untuk membuat filet sendiri tak serumit cara pembuatannya. cukup cutting board/talenan, dan pisau. Pisau khusus fillet, disebut juga filletting knife, mempunyai ciri-ciri tipis, panjang, dan lentur. Panjangnya sekitar 25 cm dan lebarnya sekitar 5 cm. Ujungnya meruncing.

Penggunaan pisau ini tidak boleh sembarangan, perlu latihan khusus. Untuk memisahkan kulit ikan dari daging, misalnya. Pisau harus digunakan dengan kemiringan 45 derajat. Sebab, jika terlalu vertikal, kulit bisa robek. demikian pula jika posisi pisau terlalu horisontal.

Bahan yang digunakan pun pilihan. harus benar-benar segar dan tidak basi. Jangan gunkan bahan beku. Karena jika beku teksturnya tidak cantik



MEMBUAT FILET:

1.AYAM

a.Dada,

-Garisi dada secara vertikal menjadi dua bagian. buat garis yang sama pada bagian punggung.

-Potong tepat dipergelangan sayap. Tancapkan pisau pada tulang, tarik.

-Pisau dipegang pada posisi 45 derjat jemudian tarik kulitnya.

b.Paha

-Potong pergelangan paha, tarik.

-Sayat sepanjang tulang sampai kekaki

-Potong sambungan tulang paha

-Iris mengikuti bentuk tulang lepaskan yulangnya.

2.Ikan

-Garis bagian leher

-garis ekornya

-Garis punggungnya, sayat sedikit demi sedikit sampai seluruh daging terlepas.

Melepas kulit :

-Pegang pisau dengan posisi 45 derajat dan dengan posisi daging diatas kulit. tarik kulitnya.

3.Daging

-Buang bagian lemaknya.

-Potong bagian kepala tenderloin. Tarik dagingnya.

No comments:

Post a Comment