Thursday 17 May 2012

Tips Memilih Sekolah

pilih sekolah
Para orangtua ataupun calon Mahasiswa yang akan melamjutkan pendidikannya tentu sa’at ini lagi sibuk mempersipakan dan mencari Informasi sekolah / universitas yang terbaik buat mereka, dan sebagian besar akan mengincar sekolah / Universitas negeri dengan stau alasan biaya nya lebih murah dibanding swasta walaupun terkadang tidak benar.



Daya tampun sekolah/univ.negeri ttidak memungkinkan untuk menerima semua lulusan, untuk itu perlu mencari alternatifsekolah swasta, nah dalam artikelku kali ini saya mencoba memberi sedikit info bagaimana cara mencari sekolah/univ untuk putra putri anda : .



Sebelum mencari perlu diketahui :

1. Minat dan bakat putra anda

2. Biarkan putra anda memilih sesuai kemauannya

3. Berikan arahan namun jangan paksa.

4. Berikan dukungan moril terhadap sekolah yang dipilihnya walau tidak sesuai dengan kemauan orangtua.



Berkit ini adalah ciri-ciri Sekolah yang baik :

1. Faktor Sekolah

Dari bentuk fisik bangunan, serta peralatan dan sarana prsasarana harus lengkap. Perpustakaan, laboratorium bahasa, komputer dan sarana praktek dan media pendukung belajar harus ada. Alat dan tempat olahraga juga harus ada.

2. Faktor Lingkungan

Lihat dimana sekolah tersebut berada, apakah dilingkungan yang ramai dan berisik ? jika demikian maka lingkungannya kurang nyaman dan tidak kondusif, yang tentu saja mengganggu proses belajar para siswa. Pilih sekolah yang didirikan dilingkungan yang nyaman dan kondusif.

3. Faktor Guru

Lihat kompetensi para guru didekolah tersebut, juga berapa yang berpendidikan yang memadai dan sesuai dengan ilmu yang diajarkannya. Sebab jaman sekarag banyak sekali guru yang mengajar tidak sesuai dengan apa yang diraihnya.

Bila ada sekolah/guru yang mendirikan sekolah lain atau mengajar ganda , maka perlu di perhatikan karena ada kecenderungan sekolah dan guru tersebut bertujuan komersiil bukan untuk mendidik dengan sungguh-sungguh.

4. Kelulusan

Amati berapa persen alumni sekolah tersebut yang berhasil dan berapa peresen yang gagal dalam meraih cita-citanya. Para lulusan sekolah tersebut dalam meraih cita-citanya jika banyak yang berhasil adalah bukti sekolah tersebut memang kompeten.

5. Biaya

Faktor ini terkadang jadi acauan utama, banyak masyarakat keliru biaya murah adalah untuk sekolah yang cocok buat putra mereka padahal terkadang sebaliknya, begitupula biaya sekolah yang mahal bukan berarti sekolah tersebut berkualitas namun justeru hanya sekolah sebagai alat untuk bisnis semata bukan untuk mendidik.



Itulah beberapa tips untuk meilih sekolah buat putra putri anda, jangan terkecoh dengan tampilan gedung sekolah yang mewah atau juga terkecoh dengan biaya yang murah namun tidak kompeten.

No comments:

Post a Comment