Tuesday 2 April 2013

Mitos Wanita Hamil

Dalam kebiasaan masyarakat Jawa kuno ada beberapa mitos yang menyangkut wanita hamil, jika melakukan beberapa perbuatan yang dianggap bias berpengaruh pada bayi yang dikandungnya, mitos-mitos semacam ini masih dipercaya oleh beberapa wanita diera yang sudah modern dan sudah maju ilmu teknologinya.

mitos hamil

Berikut ini adalah beberapa fakta penangkis dari mitos-mitos seputar kehamilan.

1. Tidak boleh memotong atau menjahit baju.

Mitos : tidak boleh memotong atau menjahit baju selama kehamilan atau anak akan lahir dengan bibir sumbing.

Fakta : bibir sumbing biasanya karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi atau faktor genetic. Oleh karenanya x-ray tidak dilakukan selama kehamilan kecuali8 atas indikasi tertentu.



2. Minum dari kacang kedelai (susu kacang kedelai) akan membuat kulit bayi berwarna putih.

Mitos : minumsusu kacang atau makanan dari kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih.

Fakta : warna kulit seseorang dipengaruhi oleh faktor genetika ayah dan ibunya bukan dari susu kedelai.



3. Jeruk akan meningkatkan lendir pada bayi dan resiko kuning pada bayi baru lahir.

Mitos : jangan makan jeruk terlalu sering akan meningkatkan lendir pada bayi baru lahir dan resiko kuning saat bayi lahir.

Fakta : jeruk adalah sumber vitamin C dan serat yang baik bagi wanita hamil.



4. Minum air ES akan menyebabkan bayi besar.

Mitos : sering minum es saat hamil menyebabkan bayi besar.

Fakta : bayi besar biasanya berhubungan dengan ibu hamil yang mempunyai penyakit kencing manis. Jadi mungkines ini diminumoleh ibu hamilyang memang dengan riwayat penyakit kencing manis.bukan minum es lalu menyebabkan bayi besar karena air es akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai keringat atau air seni.



5. Makan pedas akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau berkulit lebih gelap.

Mitos : makan makanan pedas saat hamil akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau bayi akan berkulit lebih gelap/hitam.

Fakta : sekali lagi warna kulit seseorang tidak ditentukan oleh makanan pedas, tapi faktor genetik orangtuanya.dan faktanya makanan pedas saat hamil, membuat rasa tak enak diperut apalagi bila sedang mual, jadi bukan karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit bayi yang dilahirkan.



Banyak lag mitos-mitos kehamilan lainnya yang terdapat pada masyarakat hingga kini masih dipercaya.padahal ketika wanita hamil hendaknya senantiasa menjaga kesehatan dengan berkonsultasi dengan dokter terkait tentang berbagai hal kehamilan agar bayi yang dikandung kelak lahir sehat dan normal.

No comments:

Post a Comment