Friday 5 April 2013

Mencegah Kebotakan dan Uban Dini

Permasalahan kebotakan dan uban merupakan permasalahan serius yang banyak dihadapi orang terutama kaum laki-laki yang cenderung lebih banyak mengalami kebotakan dan uban diusia dini. Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari atau mengurangi problema tersebut, ini terlihat banyaknya produk penumbuh/penyubur rambut mengurangi botak serta semir rambut untuk berbagai warna untuk menutupi uban.

kebotakan

Kebotakan terjadi akibat kurangnya pupuk dan air pada rambut dikepala sebagaimana tanaman yang bisa berakibat rontok dan kering, begitu pula dengan rambut kurangnya aliran darah yang beredar dilahan rambut berada yaitu kepala mengakibatkan rambut mudah rontok dan cepat beruban. Meskipun uban adalah pertanda ketuaan seseorang,namun tak sedikit orang berusia tua ubannya tak seberapa banyak,justeru orang relatif berusia muda rambutnya memutih karena uban.



Yang menarik adalah ada bagian rambut dalam tubuh orang dewasa yang tetap subur dan tidak mengalami kebotakan serta ubanan yaitu : rambut diketiak dan maaf rambut kemaluan. Dari kejadian menarik kondisi kedua rambut tersebut itulah Raja Jempol coba mengulas beberapa langkah agar dapat mencegah rambut dari kebotakan dan uban dini.



Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. biasakan mengkomsumsi makanan yang banyak berfungsi memperlancar peredaran darah.

2. hindari menggunakan shampoo yang banyak mengandung zat kimia karena bisa berakibat kerontokan dan uban dini , pilih shampoo yang berbahan herbal alami

3. jangan gunakan semir rambut yang mengandung banyak zat kimia.

4. bila sedang berpanas-panasan usahakan memakai penutup kepala/topi agar rambut tidak terkena sinar matahari langsung yang bisa berakibat rambut merah dan kering.

5.. rawat rambut dengan berbagai ramuan seperti jeruk nipis, lidah buaya dan sekali-kali lakukan pelembaban dengan merangisasi yang banyak dilakukan diera sekarang.

6. bila rambut terlanjur beruban penuh cukur gundul rambut ,dan dalam proses penumbuhan lakukan perawatan yang intensif agar rambut yang baru tumbuh tidak beruban.

7.lakukan pemijatan pada kulit kepala agar peredaran darah merata

8. sekali-kali lakukan berbaring dengan posisi kepala dibawah, lakukan cukup berbaring dengan menekuk bagian kaki disandarkan pada tembok beberapa menit, dengan tujuan agar selama ini kepala yang jarang mendapat aliran darah,mendapat aliran darah yang normal sebagaimana tanaman disirami air.

9. jangan terlalu lama membuat otak kepala bekerja keras dengan mengurangi banyak berfikir, usahakan bila sedang berfikir melakukan sesuatu selingi dengan rileks guna mengurangi kinerja otak kepala yang terlalu keras.




Itulah beberapa langkah-langkah untuk mencegah kebotakan dan uban dini. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment