Saturday 6 April 2013

Allah memilih dari kalangan orang-orang yang beriman orang-orang tertentu untuk melakukan sesuatu tugas menurut kehendak-Nya. Mereka yang akan diberi tugas khusus akan dibawa melalui pelatihan spiritual yang disusun secara langsung oleh Tuhan. Melalui pelatihan tersebut mereka mengalami perubahan spiritual sehingga rohani mereka menjadi cukup kuat untuk menanggung beban tugas yang dipercayakan oleh Tuhan.
Latihan spiritual secara khusus biasanya melibatkan tes bala bencana. Tes ditujukan kepada jiwa dan jiwa yang menghadapi tekanan tes biasanya akan mengadakan reaksi untuk menghadapi tekanan tersebut. Menanggapi itu membuat jiwa menjadi kuat dan mampu menghadapi situasi yang kan ditemukan saat menjalankan tugas khusus nanti.

Al-Quran telah menceritakan dengan indah kisah hamba Allah swt yang telah berjalan dalam tarekat ujian bala. Surah Yusuf, surat yang ke dua belas, menceritakan kisah suka duka Nabi Yusuf as Ketika kecilnya beliau as didengki dan dikhianati oleh saudara-saudara sendiri. Yusuf as dilemparkan ke dalam sumur yang dalam. Beliau as terpaksa tinggal di dalam sumur tersebut beberapa lama sampai satu kelompok petualang datang ke tempat itu. Yusuf as diselamatkan dari sumur tetapi dijual pula sebagai hamba. Beliau as dibeli oleh seorang bangsawan Mesir.

Zaman remaja Yusuf as menemukan beliau as dengan fitnah kaum wanita. Keelokan paras Yusuf as menyebabkan beliau as menjadi idaman setiap wanita yang memandang kepada beliau as, termasuk isteri tuannya sendiri. Keremajaan tidak membuat Yusuf as hilang pedoman. Beliau as berhasil melepaskan diri dari perangkap wanita bangsawan, istri tuannya itu, tetapi sebagai natijah kepada keengganannya melayani keinginan wanita tersebut beliau as telah dianiaya dan dimasukkan ke dalam penjara. Yusuf as menerima semua ujian itu dengan hati yang reda.

Tes bala bencana yang dihadapinya satu persatu itu telah mematangkan jiwa Yusuf as Bila jiwa beliau as sudah cukup kuat, tarekat ujian bala pun berakhir. Datang pula tarekat kehidupan harian. Yusuf as dikeluarkan dari penjara dan dilantik sebagai Perdana Menteri Mesir secara terhormat.

Kisah suka duka Yusuf as memberi pengajaran kepada orang yang beriman bahwa hidup ini tidak selalu senang, nyaman dan mudah. Tidak semua yang diidamkan dapat diperoleh dan tidak semua yang direncanakan bisa terlaksana. Kadang-kadang seseorang itu harus melalui penderitaan yang lama sebelum menemukan kebahagiaan. Yusuf as telah menempuh semua tingkat penderitaan dengan hati yang sabar dan tabah, selalu tenang tanpa berkeluh-kesah. Setelah tamat tempuh tes datanglah tingkat mempraktekkan apa yang sudah dipelajari selama berada dalam kursus intensif sebelumnya.

Musa juga melalui tarekat ujian bala sebelum diangkat menjadi Rasul. Musa as berasal dari keturunan Bani Israil. Kaumnya ditindas oleh kaum Kibti yang berkuasa. Pemerintah Kibti adalah Firaun. Ketika kaumnya ditindas oleh kaum Kibti, Musa as hidup dengan aman di dalam istana Firaun, karena beliau as adalah anak angkat Firaun. Kehidupan yang tidak berhadapan dengan tantangan, penderitaan dan kesusahan tidak mampu membuat Musa as layak menerima jabatan sebagai Rasul Allah. Jadi Musa as dibawa ke tarekat ujian bala untuk memantapkan spiritualitas beliau as Musa as dengan tidak sengaja telah membunuh seorang Kibti. Kejadian tersebut menimbulkan kemarahan kaum Kibti. Mereka bersekongkol untuk membunuh Musa as Musa as terpaksa melarikan diri, meninggalkan negerinya dan kesenangan yang dinikmatinya. Dia a. s terpaksa merantau dari satu tempat ke satu tempat sehingga beliau as sampai ke negeri Syuaib as Beliau as tinggal bersama Syuaib as dan bekerja sebagai pengembala kambing. Setelah beberapa tahun kemudian Musa as menikah dengan anak Syuaib as yang bernama Siti Safar.

Setelah menikah Musa as membawa istri beliau as merantau. Selama dalam perantauan itu Siti Safar yang sarat mengandung mengalami kesakitan. Ketika itu hari hujan. Musa as tidak dapat menyalakan api untuk menghangatkan istri beliau as Beliau as keluar mencari api. Beliau as melihat cahaya api dari kejauhan. Beliau as pergi ke sana. Sampai di sana bukan api yang beliau as temui. Musa as menemui destininya. Beliau as menyaksikan kenyataan Tuhan dan beliau as diangkat menjadi Rasul.

Sebagai utusan Allah, Musa as menerima perintah yang sangat berat. Beliau as harus kembali kepada kaum Bani Israil dan kaum Kibti, menyeru mereka agar kembali kepada ajaran tauhid. Musa as harus berhadapan kembali dengan kaum yang masih menyimpan dendam ingin membunuh beliau as Perintah Allah harus dilaksanakan tanpa ragu-ragu dan dengan membuang segala kepentingan diri sendiri.

No comments:

Post a Comment