Monday 15 April 2013

Mata hati berfungsi mengenal gaib. Makrifat atau pengenalan kepada keabadian atau hari akhirat akan melahirkan kesungguhan pada menjalankan amanat Allah yaitu mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Amanat itu akan terus dibawa oleh para hamba untuk diserahkan kembali kepada Allah yang meletakkan amanat tersebut kepada mereka. Makrifat mata hati yang demikian melahirkan sikap takwa dan beramal salih. Bila takwa dan amal shalih menjadi sifat seorang hamba maka masuklah hamba itu ke dalam jaminan Allah

Dialah Tuhan yang hanya memberikan tanda-tanda keesaan-Nya dan kekuasaan-Nya (untuk menghidupkan rohani kamu), dan yang menurunkan (untuk jasmani kamu) sebab-sebab rezeki dari langit. Dan tiadalah yang ingat serta mengambil pelajaran (dari yang demikian) melainkan orang yang selalu bertumpu (kepada Allah). (Ayat 13: Surah al-Mu'min)

Allah berfirman dalam Hadis Qudsi:

Hamba-Ku, taatilah semua perintah-Ku, jangan membeber kebutuhan kamu.
Allah sebagai Tuhan, Tuan atau Majikan tidak sekali-kali mengabaikan kewajiban-Nya untuk memberi rezeki kepada hamba-hamba-Nya sementara hamba-hamba pula berkewajiban mentaati Tuan mereka. Rezeki telah dijamin oleh Allah dan untuk mendapatkan rezeki tersebut seseorang hamba hanya perlu bertindak sesuai dengan makamnya. Jika dia seorang ahli asbab maka bekerjalah ke arah rezekinya dan jangan iri hati terhadap rezeki yang dikaruniakan kepada orang lain. Jika dia anggota tajrid maka bertawakallah kepada Allah dan jangan gusar jika terjadi keterlambatan atau kekurangan dalam urusan rezeki. Walau dalam makam manapun seseorang hamba itu berada dia harus melakukan kewajiban yaitu bersungguh-sungguh mentaati Allah dengan mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Hamba yang terbuka mata hatinya akan meyakini terhadap jaminan Allah dan tidak mencuaikan kewajibannya. Hamba ini akan melipat-gandakan kegiatan dan kerajinannya untuk bertakwa dan beramal salih tanpa mencurigai jaminan Allah swt tentang rezekinya.

No comments:

Post a Comment