Thursday 4 April 2013

Mengolah Tape Ketan Hitam

Mengolah tape ketan adalah artikel kelanjutan dari artikel tata cara membuat tape kentan yang Raja Jempol posting beberapa waktu yang lalu. Secara singkat pembuatan tape ketan hitam maupun ketan biasa [putih] amatlah mudah yaitu sebagaimana menanak nasi setelah matang dilakukan peragian dengan komposisi peragian yang tepat, kemudian diletakkan pada wadah yang rapat seperti panci dan sejenisnya yang diberi dasar daun pisang dan ditutup dengan daun pisang terus tutup rapat biarkan beberapa hari hingga menjadi tape.

tape ketan hitam

Setelah menjadi tape inilah dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman.makanan dan minuman yang berbahan dasar tape ketan sudah banyak dikenal dan dijual diwarung-warung dibeberapa daerah.



Tape ketan hitam dan tape ketan biasa ada sedikit perbedaan rasa, dan kecenderungan masyarakat lebih menyukai makanan dan minuman berbahan dasar tape ketan hitam.karena rasanya lebih enak serta bentuknya lebih indah.



Adapun makanan yang bisa dihasilkan dari bahan tape ketan hitam antara lain:

a. Jenang

Jenang sejenis makanan dodol namun ada perbedaan yaitu kalau jenang ketan hitam tidak lembut sebagaimana dodol, jenang yang dibuat dari bahan tape ketan hitam/putih biasa disebut “Jenang Madu Mongso” kue/makanan jenis ini banyak kita jumpai ketika musim lebarantiba.

b. Dodol Hitam

berbeda dengan jenang dodol tape ketan dibuat setelah tape ketan dihaluskan terlebih dahulu hingga lembut, sedangkan jenang tidak dihaluskan. Cara pengolahannya sama dengan jenang hanya ada perbedaan pada beberapa bahan tambahan.

c. Tape bungkus

kue ini tidak pakai pengolahan, tape ketan hitam yang telah masak cukup dibungkus dalam daun pisang dengan ukuran kecil atau dijaman modern diletakkan pada wadah plastik kecil disertai tutup rapat plus sendok plastik kecil.

d. Es tape ketan

Dengan cukup menambahkan sedikit gula dan Es maka tape ketan terutamatape ketan hitam sudah menjadi minuman es yang menyegarkan.

e. Minuman Penghangat Badan

Tape ketan hitam bisa diolah menjadi minuman penghangat badan yang sangat manjur, dengan meminumnya sedikit badan terasa hangat. Akibat peragian pada ketan hitam akan mengahsilkan air tape yang kadar kalori cukup besar.



Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa diolah dan dihasilkan dari bahan dasar tape ketan hitam. Kedepannya Raja Jempol akan ulas satu persatu tata cara mengolah makanan tape ketan hitam yang telah dikutip di atas.



Semoga bermanfaat artikel ini.

No comments:

Post a Comment