Friday 3 August 2012

Tips Merawat kaki

rawat kaki
Tips Merawat kaki, kaki indah adalah dambaan setiap wanita, terkadang pula pada jari-jari kaki mengalami beberapa luka, capek, letih dan bau yang tidak sedap akibat memakai sepatu yang tidak sesuai dalam melakukan aktifitas kerja sehari-hari.Raja Jempol kali ini mencoba share sedikit bagaimana merawat kaki agar tetap sehat.



Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan agar kaki sehat dan terhindar dari bau yang tidak sedap :

1. Perhatian setiap hari secara kontinu untuk menghilangkan efek-efek capek, sakit dan letih yang setiap hari dialami kaki secara berkesinambungan.

2. Setiap sore kaki hendaknya direndam dalam air hangat-hangat kuku selama 5 menit dan bisa diberikan tambahan garam yang akan membantu proses relaksasi

3. Catatan air yang terlalu hangat yang diaduk dengan sabun pewangi dapat membahayakan kaki dan menyebabkan cepat kering.

4. Mandi dengan air hangat-hangat kuku dapat membantu melunakkan sel-sel kulit mati sehingga mudah dihilangkan.

5. Untuk melembabkan bagian kaki yang kering, berikan krim yang mengandung vitamin A, yang akan memabantu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan pengangkatan sel-sel kulit mati

6. Kuku kaki akan jelek bila panjang dan terlalu sering bersepatu yang sempit. Harus diperhatikan memotong kuku kaki supaya tidak memotong sudut kuku agar ketika tumbuh, kuku tidak menusuk daging jari-jari dan menyebabkan rasa sakit, bahkan bisa menimbulkan nanah.

7. Hendaknya kedua kaki dikeringkan dengan baik setelah mandi termasuk sela-sela jari kakii

8. Sebelum menggunakan sepatu usapkan bedak kesehatan [bedak kaki], dilakukan untuk kaki yang berkeringat banyak

9. Pilihlah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang bagus hindari sepatu yang bahan dasarnya plastik dan nilon. Demikian pula dengan kaos kaki hindari yang berbahan nilon, karena akan menambah banyaknya keringat.

10. Jika kaki terserang jamur kulit yang baunya tidak sedap, hendaknya mencuci kaki sebanyak 4 kali dalam seminggu menggunakan air hangat yang dicampur cuka, dengan komposisi setengah cangkir cuka dituangkan pada lima liter air hangat.

11. Kelebihan keriingat kaki yang mengganggu kuku, dikaenakan kuku yang menusuk jari, untuk mengobatinya rendam beberapa hari kaki kedalam rebusan teh pekat sebanyak 2 kali dalam sehari selama kurang lebih 10 menit, karena asam tannic dalam teh berguna untuk mengeringkan jari kaki.[sumber : ahli kesehatan & kecantikan ]



Itulah tips untuk merawat kaki agar tetap indah dan cantik, semoga bermanfa’at.

No comments:

Post a Comment