Monday 27 August 2012

BOLEHKAH MAKAN PISANG UNTUK PENDERITA DIABETES?

IDEALNYA, penderita diabetes harus mengonsumsi buah sepanjang hari untuk menghindari lonjakan kadar gula darah. Tapi, bolehkan para diabetesi makan pisang?

Saat mengidap penyakit diabetes, Anda memang dituntut untuk menjaga asupan makanan dengan baik. Kendati demikian, tidak berarti Anda menghindari mengonsumsi buah-buahan, termasuk pisang.

Pasalnya, para diabetesi juga diperbolehkan mengonsumsi pisang, sebagaimana disarankan The American Diabets Association. Selain itu, para penderita diabetes juga disarankan untuk mengatur pola makan dengan komposisi lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Demikian yang dilansir Livestrong.

Bukan rahasia lagi bahwa penderita diabetes memang harus memperhatikan jumlah makanan yang diasup setiap hari. Pasalnya, penderita diabetes memiliki masalah dengan hormon insulin yang berfungsi membantu pembakaran dan penyerapan glukosa oleh sel badan.

Namun begitu, bukan berarti para diabetesi menghentikan konsumsi makanan, khususnya buah-buahan. Karena diketahui, hampir semua buah mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi yang bermanfaat membuang glukosa dalam tubuh yang bisa menjadi solusi mengatasi masalah diabetes. Di sisi lain, karbohidrat juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga Anda perlu mengaturnya dalam menu makan setiap hari.

Buah yang bisa diasup oleh para diabetesi setiap hari adalah pisang. Buah ini dipercaya mempunyai banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Selain rendah kalori namun tinggi serat karena membuat Anda cepat kenyang, pisang juga mengandung vitamin B6 sebagai nutrisi tambahan, vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta kalium yang bisa mengontrol tekanan darah Anda.

No comments:

Post a Comment