Sunday 26 August 2012

LAWAN KERONTOKAN RAMBUT DENGAN 10 LANGKAH

Dr Nipun Jain, senior konsultan dermatologi dari Sri Balaji Action Medical Institute, Delhi, akan memberi tips menguatkan rambut rapuh, seperti dilansir Healthmeup.

1. Jalani diet seimbang dan perbanyak minum air.

2. Kekuarangan zat besi menyebabkan kerontokan rambut. Maka, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau yang kaya zat besi.

3. Konsumsi makanan tinggi protein untuk rambut, yang meliputi putih telur, kedelai, keju, kacang-kacangan, susu, dan yoghurt baik.

4. Konsumsi makanan yang mengandung banyak seng, selenium, biotin, dan asam lemak esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

5. Bersikap lembut pada rambut Anda! Maka, pilihlah sisir bergigi lebar atau renggang.

6. Hindari gaya rambut kepang yang ketat atau ekor kuda. Menarik rambut terlalu ketat bisa mengakibatkan kerontokan rambut, yang disebut Alopecia Traksi.

7. Efek pelurusan pada rambut menyebabkan kerontokan dan rambut rusak. Jauhi perawatan rambut yang memberi efek pemanasan pada kulit kepala!

8. Melindungi rambut dari sinar matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan rambut dan uban prematur.

9. Bagi Anda yang suka berenang, selalu kenakan topi saat beraktivitas di dalam air. Kenapa? Kandungan klorin di dalam air kolam bisa berbahaya bagi kesehatan rambut. Anda juga disarankan untuk lekas mandi setelah berenang.

10. Hindari kontak langsung dengan air hujan. Air hujan mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, berhenti mengekspos rambut saat hujan. Anda bisa menutupi rambut dengan topi atau payung.

Tidak perlu mahal untuk mendapatkan rambut sehat dan berkilau. Cukup dengan merawatnya secara rutin setiap hari dan menghindari hal-hal yang merusak kesehatan rambut.

No comments:

Post a Comment