Wednesday 15 August 2012

Kyai Slamet Hewan Tersakti Didunia

Kyai Slamet Hewan Tersakti Didunia
Kyai Slamet Hewan Tersakti Didunia, adalah nama binatang kerbau/kebo bule .Kebo bule atau kerbau albino ini memang binatang peliharaan Keraton Surakarta. Konon nenek moyang kerbau ini merupakan binatang kesayangan Sri Susuhunan Pakubuwono II. Sehingga kebo bule ini dikeramatkan, dan menjadi salah satu pusaka paling penting di Keraton Surakarta Hadiningrat.



Kebo atau kerbau bule ini sering disebut dengan kebo kyai Slamet lantaran secara turun temurun, kerbau albino ini dipercaya sebagai penunggu pusaka kyai slamet (salah satu pusaka milik keraton Surakarta yang kasat mata). Dalam kirab malam satu Suro, kebo kyai Slamet selalu berada di barisan paling depan sekaligus bertindak sebagai cucuk lampah kirab.



Hebatkan seekor kerbau mampu memimpin penghuni keraton sekaligus masyarakat solo dalam sebuah upacara adat.



Kenapa seekor kerbau bisa dipanggil Kyai ?




Istilah Kyai yang banyak disandang para ulama yang ada sekarang ini bukanlah untuk orang yang berilmu agama, namun juga untuk hewan, senjata, tempat yang dianggap mempunyai nilai dan kelebihan. Sejatinya istilah Kyai bukan datang dari ajaran Islam, namun budaya animisme yang tercampur dengan ajaran Islam sebagaimana budaya 1 suro.



Sesuai dengan asal mula kata "Kyai" berupa kata "Ki" dan "Yai". Dalam kebudayaan kita, setiap hal yang memiliki kelebihan dalam sisi mistis bisa digelari "Ki-Yai" atau "Kyai", yang awal mulanya bukan untuk orang. Namun untuk benda mistik yang mengandung kesaktian ,



Seperti Kyai Pleret nama untuk sebuah senjata tombak, Kyai Cubruk dan Kyai Nogososro nama sebuah keris sakti, atau Kyai Nogo Wilogo dan Kyai Guntur Madu nama alat gamelan gong istimewa dan mistis



Jadi apakah Kyai itu oran berilmu agama/alim ? bukanlah, buktinya Kyai Slamet hanya seekor kerbau yang dianggap sakti tapi tak berilmu agama.



Tentang istilah Kyai itulah sedikit yang saya ketahui...



No comments:

Post a Comment