Monday 6 August 2012

Kulit Manusia Fungsi dan Gangguan

kulit
Salah satu bagian tubuh manusia yaitu kulit, kulit merupakan organ terluar pada manusia, ada berbagai jenis dan warna kulit manusia.

Kulit adalah Organ yang memiliki struktur yang kompleks degan berbagai fungsi yang vital .



Fungsi kulit adalah :

- Mengeluarkan keringat

- Pelindung tubuh

- Menyimpan kelebihan lemak

- Mengatur suhu tubuh, dan

- Tempat pembuatan vitamin D dan pro vitamin D dengan bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet .



Gangguan / Penyakit pada kulit , yaitu :

• Komedo

• Jerawat biasa

• Cystic acne ( Jerawat batu/Jerawat jagung )

Banyak macam obat untuk mengatasi gangguan kulit pada wajah yaitu Tomat, Mentimun, Jeruk Nipis, Belimbing wuluh, Temulawak .



Ada beberapa macam penyakit kulit pada manusia, berikut ini adalah jneis penyakit kulit dan penyebabnya :

• Eksim (Ekzema),

Gejalanya tandai dengan kuli kemerah-merahan, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari, timbul gelembung kecil berisi nanah/air, dan terasa gatal dan panas . Terjadi karena alergi terhadap zat kimia tertentu atau makanan seperti udang. Alkohol atau vetsin .

• Kudis ( Skabies ),

ditandai dengan gejala gatal hebat di malam hari terutama di sela-sela jari, ketiak, pinggang, alat kelamin dan sekeliling siku . Penyakit ini terjadi karena kurangnya kebersihan pada orang terkena penyakit tersebut .

• Bisul ( Furunkel )

Terjadi karena infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit melalui folikwl rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, yang kemudian menimbulkan infeksi lokal . Faktor yang sangat mendorong manusia terkenal bisul adalah Kebersihan yang buruk .

• Kusta

adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh mycobacterium lepra yang interseluler obligat, yang pertama menyerang saraf tepi, selanjutnya dapat menyerang kulit, mukosa mulut, saluran nafas bagian atas . Gejalanya adalah kulit bercak putih atau kemerahan, penebalan dalam saraf tepi di sertai kelainan berupa mata rasa dan kelemahan pada otot tangan, kaki, dan mata .

• Cacar air ( Frambusla )

Penyebab penyakit uni disebabkan oleh sejenis virus bakteri Trypanosoma. Penyakit ini sangata menular melalui udara . Gejalanya kuli berbintil-bintil .

• Panu atau Panau

adalah penyakit kylit yang disebabkan oleh jamur, dan ditandai dengan bengkak yang terdapat pada kulit yang disertai rasa gatal pada saat berkeringat, dan bercak-bercak ini berwarna putih, coklat, merah, tergantung pada warna kulit si penderittta .



No comments:

Post a Comment