Wednesday 12 June 2013

Tidak ada satu pun makhluk yang memperoleh atau melakukan kebaikan melainkan ia bernaung di bawah rahmat yang Allah telah tentukan kepada Nabi Muhammad saw, meskipun kebaikan itu terjadi sebelum beliau lahir ataupun sesudah beliau wafat. Begitulah pandangan kita jika memandang ke perbatasan alam. Jika pandangan kita tidak berubah dari asal mula sesuatu tentu Iradat dan Kudrat Allah swt tidak terlindung dari kita. Kita akan melihat bahwa Iradat dan Kudrat Allah swt saja yang menimbulkan kemampuan dan kekuatan yang singgah ke hati lalu dinamakan niat, kemauan atau keinginan. Iradat dan Kudrat Allah swt yang sama juga memperjalankan niat, kemauan dan hajat melalui ruang dan waktu. Semuanya adalah Iradat dan Kudrat Allah swt

Dan kamu tidak dapat menentukan kemauan kamu (tentang sesuatu), kecuali dengan cara yang diatur oleh Allah. (Ayat 29: Surah at Takwiir)

"Padahal Allah yang menciptakan kamu dan benda-benda yang kamu perbuat itu!" (Ayat 96: Surah as-Saaffaat)
Rasulullah saw bersabda:

Siapa dibimbing oleh Allah kepada jalan yang benar engkau tidak dapat menyesatkannya dan siapa yang dibimbing oleh Allah swt kepada kesesatan engkau tidak dapat meluruskannya.
Kita sering ucapkan:

Tidak ada daya dan upaya melainkan dengan Allah swt

No comments:

Post a Comment