Monday 17 June 2013

Mengabaikan ulama dengan tidak menghormati dan memuliakannya dapat mengakibatkan kerugian di bidang agamanya, sebab mereka adalah sumber syariah agama, sedang mengabaikan para penguasa atau para raja, dapat mengakibatkan rugi dunia sebab di tangan merekalah urusan dunia dan bagaimana cara mengelola serta menanganinya.

Orang yang meremehkan tetangga-tetangganya niscaya dia akan rugi tidak mendapatkan manfaat kebaikan-kabaikan sebab dengan mereka. yang termasuk kategori tetangga adalah mereka yang tinggal dekat dengan tempat tinggal kita dari sisi manapun.

Nabi saw bersabda: demi zat yang jiwaku berada di dalam kekuasaannya tidak lah sempurna iman seorang hamba, sehingga ia mencintai tetangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri. Dalam hadist lain diriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda: sesungguhnnya Allah menyukai orang yang memiliki tetangga jahat yang menyakitinya lalu dia tetep bersabar menghadapi gangguan kejahatannya itu sehingga Allah mencukupinya dengan tetep hidup dan mematikannya.

Dan orang yang meremehkan hubungan kekerabatan maka dia mendapat kerugian dengan rusaknya keharmonisan dan kasih sayang di antara mereka, dan barang siapa yang meremehkan istrinya maka ia akan mendapatkan kerugian dengan tidak mendapatkan manisnya hubungan dan kelezatan dalam pengidupannya.

No comments:

Post a Comment