Monday 17 June 2013

Rasulullah SAW bersabda :
manfaatkanlah sebaik-baik lima kesempatan sebelum datang yang lima, masa muda sebelum datang masa tua Anda, kondisi sehat sebelum Anda jatuh sakit, saat kaya sebelum Anda jatuh miskin, masa hidup sebelum datang kematian Anda, dan waktu senggang sebelum Anda sibuk. (hr al hakim dan al baihaqi)

Hadist tersebut diriwayatkan hakim dan baihaqi dari ibnu abbas dengan sanad hasan dan imam ahmad, abu nuim dan baihaqi meriwayatkannya dari amr bin maimun.

Yakni hadist tersebut menjelaskan lima kesempatan berharga yang harus kita pergunakan sebelum datangnya lima kondisi yang membuat kita tidak berdaya yaitu:

1). masa muda harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebelum datang masa tua, yaitu kita harus taat ketika kita masih muda dan kuat sebelum datang masa tua yang tentu kondisinya telah menjadi lemah.

2). waktu sehat sebelum jatuh sakit, yaitu kita melakukan amal sholeh ketika dalam kondisi waktu sehat, sebelum datang sakit yang membuat kita jadi tidak bisa optimal dalam melakukan kesholehan.

3). waktu kaya sebelum jatuh fakir, yaitu kita melakukan sedekah dengan kelebihan harta dari kebutuhan yang menjadi kewajiban kita untuk memberi nafkah sebelum datang musibah yang merusak dan menghabiskan harta kita, jika kita tidak bershodakoh dengan hal itu, niscaya kita menjadi orang yang fakir di dunia dan di akherat.

4). masa hidup sebelum datang kematian yaitu masa hidup harus kita pergunakan untuk memperbanyak bekal yang bermanfaat setelah kita mati, karena orang yang mati itu terputus segala amalnya.

5). waktu senggang sebelum datang kesibukan yakni jadikanlah waktu luang kita di dunia ini sebelum kita sibuk dengan ketakutan-ketakutan pada hari kiamat, dimana tempat pertamanya adalah di alam kubur.

No comments:

Post a Comment