Monday 1 October 2012

UNIK: WANITA MENIKAHI ADIK KAKAK DI HIMALAYA


Pernah lihat yang namanya laki-laki beristri lebih dari satu alias poligami? Itu sudah biasa. Namun bagaimana dengan perempuan yang bersuami lebih dari satu (poliandri).

Praktek poliandri sebenarnya juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia, namun kini nampaknya sudah nyaris tidak pernah terjadi (kalau tidak mau dikatakan tidak terjadi lagi).

Nah, di Nepal, khususnya di pegunungan Himalaya..praktek pernikahan dimana wanita mempunyai suami lebih dari satu adalah hal yang biasa.

Saat Tashi Sangmo berusia 17 tahun, ia menikahi tetangganya yang berusia 14 tahun di sebuah desa terpencil di Nepal. Dan sebagai bagian dari perjanjian, ia juga setuju untuk menikahi adik suaminya itu.

Pada zaman dahulu, anak laki-laki dari setiap keluarga di kawasan Dolpa Atas akan bersamaan menikahi satu perempuan, namun praktik poliandri ini kini sudah mulai menghilang seiring dengan modernisasi zaman.

Bayangkan saja, Tashi Sangmo ini tinggal serumah dengan kedua suaminya yang notabene adalah abang-adik! Dan mereka bertiga kini memiliki tiga anak laki-laki!
 Tashi Sangmo bersama kedua suaminya dan salah satu anaknya

Hebatnya lagi, mereka (abang-adik & istrinya ini) rumah tangganya adem ayem.
sumb3r

No comments:

Post a Comment