Saturday 23 February 2013

Muslim dibimbing oleh Nabi Muhammad s.a.w. Nabi Muhammad s.a.w dibimbing oleh Jibril as Jibril a.s dibimbing oleh Allah s.w.t. Nabi Muhammad saw telah memasuki jalan khusus untuk beliau sendiri. Beliau memasuki khalwat pada usia 36 tahun. Beliau pergi ke Gua Hiraa melalui bimbingan Allah, sebagaimana firman-Nya:

Dan ditemukan-Nya engkau mencari-cari (jalan yang benar), lalu Ia memberikan hidayah petunjuk (dengan wahyu - al-Quran)? (Ayat 7: Surat adh-Dhuha)

Tuhan yang memimpin Nabi Muhammad saw ke Gua Hiraa. Pimpinan yang demikian disebut Ketertarikan Rahmani atau atraksi yang langsung dari Allah Ketika mencari kebenaran Nabi Muhammad saw tidak pergi ke pendeta Yahudi dan Nasrani yang terkenal alim mengenai kitab-kitab dari langit dan juga ilmu filsafat. Beliau pergi ke Gua Hiraa yang gelap gulita, meletakkan sepenuh harapan dan ketergantungan kepada Allah Apa yang dicari oleh Nabi Muhammad saw tidak dapat dihurai dan dibukakan oleh siapapun kecuali Allah Apa yang Allah berkehendak menganugerahkan kepada Nabi Muhammad saw melebihi apa yang bisa diberikan oleh manusia.

Setelah fitrah suci beliau menerima pembukaan dengan kedatangan wahyu yang pertama, selesailah urusan berkhalwat. Khalwat di Gua Hiraa telah memberikan makna yang besar bagi kehidupan Nabi Muhammad saw Latihan tersebut menjadi dasar yang kokoh di dalam pembentukan kepribadian dan kekuatan jiwa Nabi Muhammad saw Hasilnya rohani dan jasmani beliau mampu bertahan menerima kunjungan wahyu yang maha berat dan ia juga membuat beliau mampu melakukan Isra dan Mi'raj di kemudian hari nanti. Tanpa kekuatan yang diperoleh di Gua Hiraa mungkin jasad dan roh beliau akan hancur bila 'dihempap' oleh wahyu dan bila beliau memasuki tinggi ketika Mi'raj. Hanya kaum nabi-nabi yang dipersiapkan untuk menjadi cukup kuat untuk menerima kedatangan wahyu dan juga memasuki tinggi. Golongan yang selain nabi-nabi, meskipun shiddiqin dan salihin, mereka hanya menerima percikan wahyu dan memasuki tinggi secara pengalaman spiritual seperti zauk dan kasyaf, tidak secara langsung seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw Alhasil shiddiqin dan salihin juga wajib mengacu pada wahyu di dalam menentukan kebenaran sesuatu. Shiddiqin yang paling utama, Abu Bakar as-Siddik, juga mengalami wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw Tidak ada pikiran, ilham dan kasyaf orang siddik dan salih yang bebas dari wahyu. Kenyataan ini dibuktikan oleh Nabi Muhammad saw dan sahabat-sahabat beliau Nabi Muhammad saw tidak meninggalkan khalwat sebelum wahyu datang. Para sahabat tidak meninggalkan Rasulullah saw, senantiasa mentaati beliau dalam apa hal sekalipun.

Setelah wahyu datang tamatlah tingkat khalwat yang dilalui oleh Nabi Muhammad saw Beliau sebagai penerjemah wahyu yang paling arif menyampaikan ajaran wahyu kepada pengikut-pengikut beliau tanpa membawa mereka memasuki proses khalwat baik di Gua Hiraa atau di mana-mana gua. Tarekat atau jalan sebelum kedatangan wahyu dengan setelah kedatangan wahyu adalah berbeda. Wahyu membawa Nabi Muhammad saw dan pengikut beliau memasuki tarekat kehidupan harian di atas bumi, di dalam dunia, secara bertauhid dan beramal shalih dan bertaqwa. Semua itu dilakukan dengan mengakui dan memelihara keberadaan kekeluargaan, kemasyarakatan dan kenegaraan. Golongan hamba yang telah memeluk agama Islam mengakui posisi mereka sebagai hamba. Tidak ada hamba yang memeluk Islam lari dari tuan mereka. Mereka tetap menghormati lembaga kemasyarakatan sekalipun telah memilih Islam yang memiliki lembaga sendiri. Golongan pedagang terus juga berdagang. Golongan pertukangan dan pertanian terus juga bertukang dan bertani. Tidak ada di antara mereka yang meninggalkan urusan kehidupan harian lantaran mau berkhalwat secara khusus seperti yang telah dilalui oleh Rasulullah saw Islam tidak mengubah kehidupan harian. Apa yang Islam buat adalah menyusun kehidupan itu agar ia menjadi jalan yang lurus menuju kebaikan di dunia dan di akhirat dan seterusnya menemukan Tuhan Rabbul Jalil.

No comments:

Post a Comment