Thursday 29 November 2012

TIPS MENGATASI KETOMBE



Berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi ketombe dikulit kepala :
  • Gunakan shampo khusus anti ketombe. : 
    Shampo anti ketombe biasanya mengandung bahan aktif ketokonazole, asam salisilat, selenium sulfida, maupun zinc pirition. Masing-masing bahan mempunyai fungsinya sendiri. Ketokonazole : dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe, Asam salisilat : ampuh mengenyahkan kulit serpihan , tetapi bisa menyebabkan kulit kepala kering. Selenium sulfida : memperlambat sel kulit mati dan melawan jamur. Zinc pirition : melawan jamur yang menyebabkan ketombe. Sebelum menggunakan shampo untuk mengatasi ketombe, baca petunjuknya dengan tepat , ikuti anjuran penggunaanya. Saat ketombe sudah berkurang, kurangi pemakaiannya, Cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu.



  • Pakai ramuan alami. : 
    Lidah buaya yang disapukan dikulit kepala dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kulit kepala yang bersisik. Shampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% juga membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal. Sementara shampo dengan kandungan sereh 2% dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe.



  • Cek ke dokter. : 
    Bila sudah menggunakan shampo untuk mengatasi ketombe beberapa minggu tapi ketombe tak kunjung mereda, segera konsultasikan ke dokter. Mungkin saja Anda memerlukan shampo khusus anti ketombe dengan dosis yang lebih kuat dan diresepkan oleh dokter.



  • Kelola stress, : 
    Stress memang tak bisa dihindari, tetapi upayakan untuk bisa mengelolanya dengan baik. Sebab stres atau kelelahan bisa memicu atau membuat ketombe kian hebat.

sumb3r: 
http://sehat-cantik.net/sehat-cantik-usir-ketombe-dari-kulit-kepala.html

No comments:

Post a Comment