Thursday 1 November 2012

GEMPA CIANJUR 5.8 SR 1 NOV 2012 (SUKABUMI JUGA MERASAKAN)



24 km Tenggara CIANJUR-JABAR , 28 km BaratDaya KAB-BANDUNG-JABAR , 39 km BaratDaya BANDUNGBARAT-JABAR , 22 km BaratDaya BANDUNG-JABAR , 136 km Tenggara JAKARTA-INDONESIA
(bmkg.go.id)





Gempa yang berpusat tenggara Cianjur, Jawa Barat dengan kekuatan 5,8 skala Richter getarannya dirasakan hingga mencapai Sukabumi. Tak ayal, kondisi ini membuat sebagian warga panik tetapi belum ada laporan kerusakan akibat gempa Cianjur ini.

"Saya merasakan gempa cukup keras dan langsung melarikan diri keluar rumah. Saat gempa sekitar pukul 21.12 WIB, saya sedang menonton televisi dengan keluarga," kata Hilda warga, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi kepada wartawan, Kamis (1/11).

Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, terus melakukan pemantauan dan siaga khawatir gempa susulan yang kekuatannya bisa lebih besar kembali terjadi.

"Kami sampai saat ini terus memantau perkembangan pascagempa dan kepada petugas penanggulangan bencana yang ada di daerah untuk segera melaporkan jika ada bangunan yang rusak. Selain itu, kami juga mengimbau warga untuk waspada khawatir ada gempa susulan," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berpusat di 7,25 Lintang Selatan, 35 Bujur Timur, 24 km tenggara Cianjur dengan kedalaman episentrum 163 km

No comments:

Post a Comment