Friday 1 June 2012

Pengumuman Kelulusan UAN SMP 2012

uan smp
Pengumuman hasil kelulusan UAN SMP, MTs, SMPLB sesuai jadwal yang ditentukan akan diumumkan tanggal 2 Juni 2012.

Sebagaimana yang tercantum pada halaman website kemendiknas rinciannya adalah sebagai berikut :

Tingkat SMA/ MA / SMK , Ujian Utama :16 – 19 April 2012, Ujian susulan : 23 – 26 April 2012, Pengumuman: 24 Mei 2012

Tingkat SMP/ MTs./ SMPLB 23 – 26 April 2012 , Ujian Utama 30 April – 4 Mei 2012 , Pengumuman : 2 Juni 2012

Tingkat SD/ MI / SDLB 7 – 9 Mei 2012 Ujian Utama : 14 – 16 Mei 2012, Pengumuman : Daerah

Melihat dari jadwal tersebut detik-detik menegangkan bagi kalangan pelajar tingkat SMP, MTs dan SMPLB lulus dan nilai UAN bagus atau tidak ?



Kabar burung pengumuman hasil UAN tingkat SMP sederajat akan dapat dilihat secara online di www.kemdiknas.go.id tepat jam 00.00 bbwi tanggal 2 juni dini hari nanti.

Walaupun demikian sejak pagi tadi para pelajar sibuk mencari informasi diberbagai warnet dan ternyata belum ada juga.



Hingga detik ini tulisan saya buat belum ada informasi pengumuman hasil UAN di situs milik kementerian pendidikan tersebut.

Apa benar ya jam 00.00 BBWI hasil UAN SMP sederajat dapat dilihat secara online ? ya rajin-rajin pantau saja situs tersebut.



Namun demikian untuk kelulusan tingkat SMP sederajat masih ditetapkan di pusat. Hasil UN akan digabung dengan nilai rapor yang sudah dikirim ke pusat. Hasil kelulusan secara keseluruhan 60 persen hasil UN dan 40 persen dari nilai rapor.

Sedangkan Untuk tingkat SD, MI, dan SDLB masih ditentukan oleh kepala rayon yang ada di daerah masing-masing. “Bagi siswa yang belum berhasil ini sebagai introspeksi dan evaluasi diri untuk keberhasilan tahun depan. Terpisah, salah satu orang tua siswa, Juharna, berharap besar kepada anaknya supaya bisa lulus UN. Bila perlu lulus dengan nilai yang baik sehingga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di sekolah yang berkualitas.



Lulus atau tidak ? jangan kuwatir pendidikan disekolah adalah sarana untuk mencari ilmu bukan untuk mencari nilai kelulusan, banyak orang yang tidak lulus atau gagal dalam pendidikannya namun sukses dalam kehidupannya, sebagai contoh pendiri lembaga bimbingan belajar/kursus terbesar di Indonesia adalah seorang mahsiswa DO-an.

Bukan berarti saya meremehkan sekolahan namun mengingatkan tujuan Sekolah adalah mencari Ilmu untuk bekal hidup bukan mencari Ijasah, karena banyak sarjana lulusan berijasah namun masih nganggur karena mereka cari ijasah bukan ilmu.



Semoga adik-adik SMP sederajat lulus semua agar bias melangkah kejenjang pendidikan yang lebih tinggi amiin.





No comments:

Post a Comment