Thursday 3 January 2013

Trik Menyimpan Mencetak Artikel

Mencari artikel melalui media internet kemudian menyimpannya adalah upaya pelajar untuk melaksanakan tugas dari gurunya, atau juga untuk menacari tambahan ilmu dan informasi guna meningkatkan pengetahuan mereka. Artikel latihan soal, artikel pengetahuan , menu masakan dan lain-lain.

save page as


Namun terkadang artikel dalam sebuah blog atau website tidak bisa disimpan secara otomatis melalui copy paste, yang hanya bisa dicetak secara langsung sa’at online, padahal terkadang pengunjung blog tidak mempunyai printer atau sedang diwarnet. Ini semua dikarenakan sipmeilik blog/website memproteksi artikelnya agar tidak dicopas yang tentu saja merugikan bagi sipnulis artikel, terutama ketika sebuah artikel diikutkan dalam sebuah kontes blog. Artikel yang awalnya rangking bagus di serp tiba-tiba terperosok jauh, ini juga sering dialami Raja Jempol Blog, dari beberapa kasus tersebut maka blog ini diproteksi.



Namun demikian keorisinilan artikel sangat membantu rangking serp, walau dicopas sekailpun seperti artikel dalam blog ini ada yang double title karena dicopas peblogger lain, tapi tetap bagus serpnya contohnya kata kunci "membuat bonsai” pada mesin pencarian, artikel tersebut sudah sering dicopas.

Itulah sedikit info alasan kenapa artikel blog diproteksi, jujur saja Raja Jempol ada beberapa artikel yang bukan milik sendiri, namun untuk menghindari double artikel, diubah beberapa kalimat agar tidak sama persis terutama judul artikel [ trik plagiat/gubahan ] lebih toleran dan tidak seberapa merugikan pemilik artikel asli,btw lebih baik menulis artikel sendiri.



Langsung saja berikut ini adalah cara menyimpan dan mencetak artikel blog :

A.Cara menyimpan :

1. kunjungi artikel yang akan disimpan, setelah masuk halaman artikel , klik CTRL dan C secara bersamaan, kemudian buka msword atau lainnya, klik CTRL dan V secara bersaman, maka beberapa sa’at artikel akan muncul pada halaman msword, dan langkah selanjutnya save.



2. cara yang lain klik mouse tombol kanan pilih COPY, kemudian buka ms word atau lainnya klik mouse tombol kanan pilih PASTE

Kedua cara diatas dapat dilakukan dengan mudah jikalau artikel blog tidak diproteksi, bagaimana kalau diproteksi dan kedua cara diatas tidak bisa dilakukan ? berikut ini adalah langkah kelanjutan jika blog diproteksi



3. masuk kehalaman artikel blog yang akan disimpan, misalnya artikel Iconia PC Tablet Dengan Windows 8 , setelah itu klik kanan tombol mouse pilih SELECT ALL maka akan terblock semua, kemudian klik kanan tombol mouse pilih COPY dan selanjutnya buka halaman baru ms word atau lainnya klik kanan tombol mouse pilih PASTE, tunggu beberapa sa’at kemudian artikel akan muncul dan simpan.



4. cara yang terkahir yaitu dengan mendownload artikel tersebut, setelah masuk halaman artikel blog, pada kiri atas browser klik “FILE” pilih “SAVE PAGE AS” kemudian pilih dimana file akan disimpan mydocument, download atau flashdisk.



Ada beberapa pilihan format penyimpanan yaitu :

a. All files, web Page Complete yang menyimpan seluruh isi artikel sesuai tampilan asli blog.

b. Web Page HTML Only , hanya menyimpan format html [kode html] saja, ini biasa digunakan untuk mempelajari template blog tersebut [view source].

c. Text File Only, hanya menyimpan artikel format teks saja tanpa gambar yang ada dalam artikel blog tersebut.



B.Itulah langkah menyimpan artikel blog, untuk mencetak artikel tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

1. pada sa’at online dan masuk halaman artikel blog, printer terhubung klik pada menu browser kiri atas pilih “FILE” kemudian klik “PRINT”.



2. untuk file yang tersimpan, perlu diketahui dalam mencopy paste sa’at menyimpan untuk langkah 1 s/d 3, perhatikan setelah dipaste di ms word dan artikel muncul, lihat bagian pojok kanan bawah artikel ada kotak kuning klik ada format pemaste-an artikel yaitu :

a.Keep Save Formating , Macth Position Format, Set Default Format , ketiganya akan menyimpan hasil pastean tulisan beserta gambar.

b.Keep Text Only , menyimpan hasil paste-an hanya tulisan teks saja tanpa gambar dan tanpa format. Pilihan ini sangat dianjurkan jika ingin merubah paragrap, spasi, font sesuai keinginan kita.



3. untuk file yang tersimpan karena hasil download langkah 4 diatas buka melalui ms word atau juga browser, lebih dianjurkan untuk membukanya dengan msword untuk mempermudah pengeditan. Biasanya artikel yang disimpan format Web Page Complete akan muncul 2 folder disebuah artikel, untuk edit teks pilih folder yang berlogo browser, dan untuk gambar pilih folder logo kotak kuning.



Itulah sedikit trik semoga bermanfa,at.





No comments:

Post a Comment