Wednesday 16 January 2013

JAGALAH KESEHATAN DENGAN 5 TIPS INI !


1. Konsumsilah Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E dapat membantu mencegah permasalahanpada mata yang terkait usia, seperti degenarasi makula dan katarak. Makanan-makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, antara lain sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, buncis, berbagai sumber protein selain daging, serta buah jeruk-jerukan.

Dengan menjaga asupan nutrisi yang seimbang juga membantu menjaga berat badan yang sehat, yang juga menurunkan risiko diabetes tipe 2. Karena diabetes dapat meningkatkan risiko kebutaan yang disebabkan kerusakan pada retina akibat komplikasi diabetes.


2. Hindari Merokok untuk Mata yang Sehat

Merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko katarak, kerusakan saraf mata, dan degenarasi makula. Oleh karena itu, dengan menghindari rokok sangat baik untuk kesehatan mata kita.


3. Gunakan Kacamata Hitam untuk Mengurangi Radiasi Sinar UV

Terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko katarak dan degenarasi makula. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam disarankan untuk mengurangi paparan UV.


4. Gunakan Pelindung Mata Ketika Bekerja dengan Bahan Berbahaya

Menggunakan pelindung mata ketika bekerja dengan bahan-bahan yang berbahaya atau yang dapat berada di udara dapat melindungi mata agar tidak terluka maupun buta.


5. Kurangi Menatap Komputer terlalu Lama

Menatap komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah; pandangan kabur; sulit melihat dengan fokus; mata kering; sakit kepala; nyeri pada leher, punggung dan bahu.

Dengan menggunakan layar anti-radiasi pada komputer, menggunakan kursi yang nyaman, sering mengedipkan mata untuk mencegah mata kering, dan beristirahat setiap 2 jam dapat mencegah gejala-gejala di atas.

sumb3r: http://www.hidupkusehat.com/5-tips-menjaga-kesehatan-mata.html

No comments:

Post a Comment