Tuesday 31 January 2012

YouTube Sukses dari Garasi



Banyak sekali kita download, upload dan view video dari music, film pendek, iklan ,video berita dan lain-lain pada sebuah situs Youtube. Jadi sebuah pertanyaan siapa sih pendiri dan pemilik Youtube ?



Anak-anak muda yang memulai usaha dengan membuat website yang berawal dari sebuah garasi. Pada tanggal 9 oktober 2006 dari Mountain View, California, satu berita tersebar keseluruh dunia. Semua rumor dan dugaan yang beredar selama ini akhirnya terjawab. Hampir semua media seluruh dunia memuat berita tersebut, hari itu Google inc perusahaan search engine terbesar dunia, mengumumkan bahwa mereka setuju meng-akuisisi YouTube, sebuah perusahaan penyedia layanan jasa bagi orang-orang yang ingin melihat dan berbagi video mereka melalui internet. Harga yang ditawarkan Google Inc tidak main-main mencapai kurang lebih 15,67 triliun rupiah dalam bentuk transaksi saham.



YouTube sa’at ini memang menjadi salah satu ikon dunia internet, padahal YouTube baru dikembangkan duapuluh satu bulan sebelum dibeli oleh Google Inc, sebuah periode yang sangat singkat dan menakjubkan untuk sebuah usaha.

YouTube pertama kali didaftarkan dengan nama domain YouTube.com pada 15 Pebruari 2005. Situsnya sendiri baru dibangun beberapa bulan kemudian, sebagai tempat sementara dipilih sebuah garasi di Menlo Park milik salah satu diantara ketiga pemuda tersebut. Garasi itu sangat sederhana dan tidak dapat dikatakan besar, tetapi dapat menampung beberapa computer sekaligus.



Tiga bulan kemudian tepatnya Mei 2005 YouTube akhirnya dilounching ke public. Awalnya hanya sekedar situs preview saja, enam bulan kemudian barulah YouTube memulai debut resminya.



Garasi tampaknya menjadi tempat yang mengawali semua untuk sebuah kesuksesan besar, seperti halnya ketika Apple didirikan, begitu juga Microsoft, ebay dan Hewlet Packard. Sa’at itu satu media ternama di Amerika Serikat [USA] menyebut langkah memulai usaha dari garasi sebagai langkah-langkah malaikat karena sangat sederhana, sekaligus sangat dekat dengan aroma KESUKSESAN.



Dalam waktu relative singkat YouTube tumbuh semakin besar dan besar. Stus tersebut memperoleh gelombang publikasi awal ketika menampilkan video singkat berjudul “LAZY SUNDAY” yang diambil dari acara popular “Saturday Night Live”. Namun, ini hanyalah awal kepopuleran yang lebih besar. Perusahaan ini mengalami pertumbuhan publikasi yang sangat baik, terutama melalui pembicaraan-pembicaraan online didunia maya.



Yuuup tunggu apalagi kita jadikan contoh kesuksesan YouTube yang berawal dari sebuah garasi, untuk membuat kita berusaha semaksimal mungkin menjadi bisnisman yang sukses.

No comments:

Post a Comment