Friday 7 September 2012

Trik Mempercepat Startup Windows

windows
Mempercepat startup windows, terkadang kita sering jengkel ketika menyalakan komputer kita proses startupnya sangat lama dan lambat. Raja Jempol pada artikel bertemakan komputer kali ini mencoba menshare bagaimana cara mempercepat proses starup komputer kita.



Sebelumnya musti kita ketahui kenapa proses startup windows komputer kita kenapa lambat, banyak hal yang mempengaruhinya beberapa diantaranya yaitu :

a. Banyak aplikasi startup. Sa’at menginstall sebuah aplikasi biasanya akan memunculkan beberapa pilihan antara lain, menambahkan icon didekstop, atau quick launch. Ketika mencentang opsi tersebut, aplikasi yang sudah terinstal akan diload oleh windows sa’at startup yang pastinya butuh waktu dan memperlambat proses startup.

b. Koneksi jaringan. Bila komputer selalu terhubung dengan jaringan ditempat kerja, hal ini juga mempengaruhi lambatnya proses startup.

c. Driver yang tidak bersertifikat. Menginstal sebuah driver hardware yang tidak bersertifikasi WHQL dapat memperlambat waktu startup, karena biasanya masih terdapat bug didalamnya.

d. Spyware dan adware. Jika komputer dipenuhi berbagai spyware akan menghabiskan sebagaian besar waktu karena aplikasi pengganggu tersebut akan diload juga sa’at startup windows.



Setelah mengetahui penyebab lambatnya proses startup berikut ini ada beberapa langkah untuk mempercepat proses startup :

1. Aktifkan fitur quick boot.

Masuk pada menu bios dengan mengklik DEL atau F2 pada sa’at booting. Pada menu Quick Boot [boot] aktifkan quick boot dengan meng-enabled.

2. Mempercepat waktu time out booting.

Pada menu boot terkadang akan ditampilkan lama time out, waktu time out akan berjalan selama belum dipilih opsi yang secara default 30 detik. Untuk mengganti waktu timeout tersebut

Jalankan menu “Run”, kemudian ketik “msconfig” [tanpa tanda kutip], kemudian klik tab “BOOT.INI” dan ganti waktu timeout menjadi lebih kecil.

3. Menonaktifkan hardware yang tidak terpakai.

Komputer akan meload beberapa driver ayang ada ketika startup windows, termasuk hardware yang tidak berguna atau rusak. Masuik mpada Device Manager dimenu control panel, kemudian cari driver yang tidak berguna, misal bluethooth controler, modem, floppy,, dan sebagainya. Klik kanan pada salah satu hardware yang dipilih dan pilih opsi “Disabled”. Jangan lupa selalu update driver terbaru untuk semua hardware.

4. Hapus font tak terpakai.

Terkadang kita menginstall font yang unik dan lucu namun tidak memakainya, alangkah baiknya hapus font tersebut.

5. Lakukan defragment secara berkala.

6. Upgrade RAM, menginstall dan menaikkan RAM adalah cara ampuh untuk mempercepat startup.

7. Menggunakan IP statis. Jika komputer selalu terhubung dengan jaringan, sa’at startup komputer selalu meminta jaringan sebuah alamat IP. Dengan menggunakan alamat IP satis yang tidak berubah akan mengurangi beban windows sa’at startup.

8. Instal antivirus yang cocok dan baik.

9. Menggunakan SSD [Solid State Drive]

10. Hapus temporary files.

11. Mengatur file prefetch.



Prefetch adalah sebuah file yang terbentuk ketika windows se-load berbagai aplikasi yang biasanya digunakan, sa’at startup windows.

Cara terbaik adalah menghapus files prefetch tersebut :

a. Akses direktori C:\windows\prefetch. Bisa dilihat didalam foldernya pilih semua dan hapus, kemudian restart windows.

b. Yang perlu diperhatikan waktu startup setelah penghapusan files tersebut akan terasa lebih lambat, itupun untuk sementara saja.

c. Selanjutnya atur pada registry, klik Start pilih Run ketik “Regedit” dan klik OK

d. Pada jendela kiri akses folder : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurentControlSet\Control\Session Manager\Memory Mangement\PrefetchParameters

e. Di jenela kanan, cari file dengan nama EnablePrefetcher. Doble klik dan bisa dilihat pada bgian Value data ditampilkan angka “3” yang mengartikan semua file prefetch untuk cache boot dan aplikasi akan di-load.ubah angka tersebut sesuai kehendak.[sumber :Komputek]



Itulah sedikit trik mempercepat startup windows.



No comments:

Post a Comment