Sunday 12 August 2012

Cara bertengkar yang baik

bertengkar
Cara bertengkar yang baik, pasti pertengkaran amat dibenci dalam sebuah rumah tangga, karena hal-hal sepele terjadi pertengkaran yang bisa berakibat pada perceraian. Percaya atau tidak bahwa pertengkaran antara suami dan isteri adalah salah satu bentuk saling pemahaman, yakni pemahaman yang kuat. Pertengkaran akan memberikan pengetahuan akan kebutuhan, kecenderungan dan perasaan masing-masing selama dapat dimanage dengan baik.



Berikut ini adalah adalah hakekat yang akan membantu dalam pertengkaran dapat melahirkan saling pengertian :

1. Jangan perlihatkan pertengkaran pada anak-anak

2. Bertengkar sendiri [hanya berdua suami isteri], tapi bukan saling melontarkan hinaan atau cercaan, maksudnya ialah karena pada dasarnya bahwa yang dipertengkarkan sesuatu yang tidak ada kaitannya dengan oran lain selain suami isteri.

3. Jangan takut untuk mengeluarkan suara atau mengangkat suara, jika ini memang cara untuk mengungkapakan kemarahan dari dalam dada, hendaknya seseorang bersikap sesuai tabiatnya.

4. Hendaknya masing-masing berdua tidak saling membelakangi atau salah satu membelakangi sebaiknya berhadap-hadapan, mata bertemu mata, ingatlah kalian berdua sedang mencari saling pengertian

5. Jika salah satu tidak dapat mengeluarkan suara, hendaknya mengungkapakan perasaan marahnya dengan tulisan, sementara pihak yang satunya mendukung. Kemudian masing-masing membaca ungkapan pasangannya. Sebab membaca pikiran yang jelas dan teratur kadang bisa merupakan salah satu jalan keluarnya, sehingga masing-masing bisa merasa puas menumpahkan kemarahannya terhadap pasangannya

6. Ingatlah bahwa anda berdua harus mengakhiri pertengkaran, maka ketika masing-masing meluapkan perasaannya masing-masing, hendaknya salah satu mengatakan :”kini perasaanku sudah membaik, selanjutnya ubahlah sikap berpelukan, tertawa. Tapi jika terpaksa harus saling menjauh untuk sementara waktu tidak masalah, selama pikiran masing-masing telah berdamai dan bersatu kembali.

7. Jika bertengkar dalam keadaan berdiri usahakan untuk duduk, jika bertengkar dalam keadaan duduk usahakan untuk berbaring.



Itulah beberapa tips cara bertengkar yang baik....

No comments:

Post a Comment